Edukasi

Motto Universitas Brawijaya, Lambang, Logo, dan Maskot

Motto Universitas Brawijaya “Building Up Noble Future”. Penulisan motto UB memilik makna “Membangun kemuliaan masa depan”.

Universitas Brawijaya (biasa disingkat UNBRA, UNIBRAW, atau singkatan resmi UB). UB merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang didirikan di kota Malang pada tahun 1963. Universitas ini didirikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi No. 1 tanggal 5 Januari 1963.

Kemudian Perintah Eksekutif No. 196 Tahun 1963. Tanggal 5 Januari merupakan hari lahir Universitas Brawijaya. Pendaftaran siswa saat ini lebih dari 55.000 dengan beragam latar belakang mulai dari  program diploma, sarjana, magister dan doktoral hingga program khusus yang mencakup 15 fakultas dan dua program  pendidikan yang setara.

Makna Lambang Universitas Brawijaya

Lambang UB berupa gambar segi lima terdapat di gamabr Radenwijaya (Prabu Brawijaya) berwarna  kuning emas. Hal itu merupakan penjelmaan Dewa Wisnu yang memegang lampu, sangkhala, gada dan cakra, dan memakai mahkota Candra Kapala. Di samping kiri dan kanan terdapat sepasang Dewa Perwala sebagai pengikut raja, dengan warna dasar biru dan bersinar dari pusat.

Makna UB memiliki sebagai berikut:

  1. Segilima berarti Pancasila sebagai falsafah nasional.
  2. Raden Wijaya (Prabhu Brawijaya) memiliki jiwa kepeloporan, artinya kebijaksanaan dan kemuliaan, serta merupakan lambang persatuan nusantara dan kemakmuran umat.
  3. Biru cerah berarti universal.
  4. Mahkota Candrakapala berarti dengan berani mengungkapkan segala sesuatu yang tidak wajar atau tidak benar.
  5. Gada artinya lembaga penegak hukum.
  6. Senjata Cakra berarti berani mengatakan apa yang dianggap tidak wajar atau tidak benar.
  7. Lampu berarti percaya dan benar-benar percaya bahwa makhluk hidup itu ada.
  8. Sangkhala artinya segala sesuatu dilakukan secara sakral dengan tugas pemeliharaan atau pengembangan. Kapan
  9. Sepasang Perwara masuk akal sebagai simbol keberlanjutan dan regenerasi.

Makna Motto Universitas Brawijaya

“Building Up Noble Future” yang maksudnya Penulisan motto UB menyiratkan makna “Membangun kemuliaan masa depan”.

UB memiliki tanggung jawab  besar untuk membantu membangun peradaban global, peradaban di mana planet dan seluruh umat manusia dapat berkembang.

Maskot UB dengan Nama Brone

Maskot UB bernama BRONE, Adalah dari singkatan dari “Brawijaya Number One”. BRONE mempunyai konsep yang merupakan sebagai robot pendamping dan pemandu informasi. Lalu, bisa belajar dan terus berkembang.

Adapun makna maskot UB adalah di bawah ini

  • Bentuk Robot, memiliki makna inovasi, dengan wujud yang kuat dan kokoh. Sehingga bisa mempunyai makna konsep kekuatan daya saing.
  • Dominasi warna biru, kuning, silver, dan hitam, dari warna itu mempunyai makna kepercayaan, rasa bahagia, modernisasi, dan elegan.

Artikel menarik lainnya: Cara Mengajarkan Pendidikan Seksual Kepada Anak-Anak, Ingat Topik Seks itu Bukan Tabu

Makna Logo UB

Makna logo UB adalah Huruf UB dalam bulatan, mempunyai maknaUB selalu dinamis keberadaannya dalam masyarakat dunia. Sayap memiliki jumlah tiga buah mengelilingi bulatan dunia bermakna Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertaraf internasional.

Warna emas pada huruf dan gambar  mempunyai makna kebijaksanaan dan kejayaan. Warna biru merupakan penggambaran UB bersifat universal. Bingkai bujur sangkar memiliki makna keadilan.

Untuk diketahui, Universitas Brawijaya (UB) berhasil mendapati ranking 401-600 dari 1406 perguruan tinggi seluruh dunia pada THE Impact Ranking 2022. Sedangkan, sebelumnya UB terdapat pada ranking 301-400 dari 1117 perguruan tinggi. Demikianlah makna dari Motto Universitas Brawijaya.

Artikel menarik lainnya: Dekorasi Menghias Ruang Kelas 17 Agustus HUT RI ke 77

2 thoughts on “Motto Universitas Brawijaya, Lambang, Logo, dan Maskot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *