Thu. May 16th, 2024
    Contoh RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Pembelajaran Secara DaringContoh RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Pembelajaran Secara Daring

    Contoh RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 bisa menjadi acuan cara membuat pembelajaran secara daring bagi guru di sekolah. RPP ini dapat digunakan sebagai bahan pedoman dan contoh menyusun perangkat peajaran di Sekolah.

    Seperti diketahui contoh RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 Tahun 2021/2022 tetap diperlukan. Walaupun Tahun ajaran baru 2021/2022 dilakukan tanpa pembelajaran tatap muka di kelas. Banyak daerah di Indonesia memilih untuk menunda kegiatan belajar mengajar di kelas.

    Karena tingkat penyebaran Covid-19 masih tinggi dan pemerintah daerah tidak berani mengambil resiko melaksanakan kegiatan belajar di sekolah. Sehingga solusi yang bisa dilakukan supaya peserta didik atau siswa tetap belajar pada masa pandemi Covid-19 adalah melakukan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

    Contoh RPP Kurikulum 2013 untuk Kelas 1 Pembelajaran Jarak Jauh

    Guru harus menyusun RPP Sesuai KD atau subtema untuk beberapa kali yang dibuat dari silabudengan tujuan untuk memperoleh Kompetensi Dasar (KD). Adapun bahan yang dibutuhkan untuk menyusun RPP Kurikulum 2013 adalah Buku Guru dan Buku Siswa.

    Adapun membuat membuat RPP Kurikulum 2013 sebagai berikut:

    1. Melakukan pengisian Identitas RPP.
    2. Menuliskan Tujuan Pembelajaran.
    3. Memuat mengenai Kompetensi Dasar dan Indikator Capaian Kompetensi.
    4. Menuliskan materi pembelajaran.
    5. Membuat pilihan pembelajaran.
    6. Pilih Media Pembelajaran.
    7. Membuat pilihan sumber belajar.
    8. Menuliskan langkah-langkah pembelajaran.

    Para guru bisa membuat RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Pembelajaran Secara Daring dengan contoh yang sudah ada. Silakan membuat Rencana pelaksanaan pembelajaran agar memudahkan kegiatan belajar dari jarak jauh antara guru dan siswa.

    Contoh RPP Kurikulim 2013 untuk Kelas 1 dengan Tema “Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)”

    UNDUH RPP

    TUJUAN PEMBELAJARAN

    • Siswa diberi bimbingan lewat WA, dengan tujuan untuk mampu mengenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
    • Menggunakan permainan “Suara siapakah itu?”, siswa bisa dengar bedanya warna suara teman.
    • Dilakukan bimbingan lewat WA, siswa bisa menyebutkan nama teman dengan benar dan baik.
    • Setelah menyelesaikan nyanyian dan melakukan permainan, siswa bisa mengingat semua nama teman dan warna suara setiap teman.
    • Melakukan bimbingan lewat WA, siswa bisa memberikan informasi dan praktik aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah.

    KEGIATAN PEMBELAJARAN

    • Melaksanakan pembukaan dengan salam dan melaksanakan pembacaan doa. Guru memandu melalui Group Whats Apps, Zoom, Google Meet, dan Aplikasi Daring laiinya (Orientasi).
    • Menghubungkan Materi Sebelumnya dan diharapkan dihubungkan dengan pengalaman siswa (Apersepsi).
    • Memberikan gambaran mengenai manfaat mempelajari materi yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi).

    ASSESMENT

    Penilaian terhadap materi ini bisa dilaksanakan sesuai kebutuhan guru. Berdasarkan pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek.

    Adapun kegiatan pembelajaran dapat diambil dari di buku guru. Lalu dilakukan penyesuaian sesuai materi pada buku siswa. Tahapan pembelajaran tidak mesti serupa dengan buku guru dapat dilakukan perubahan tanpa menghilangkan makna maupun maksud pembelajaran.

    Artikel menarik lainnya: Edukasi Larangan Kantong Plastik Kresek Kepada Masyarakat itu Perlu Dilakukan

     

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *