Edukasi

Cara Daftar Bantuan UKT Kemendikbud 2021, Jangan Sampai Tidak Mampu Bayar SPP Kuliah!

Cara daftar bantuan UKT Kemendikbud tahun 2021 sebaiknya diketahui mahasiswa yang kesulitan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19. Pemerintah membuat aturan yang mendorong keringanan UKT bagi mahasiswa PTN. Selain itu, anggaran dana dari Dikti telah dialokasikan bagi mahasiswa PTS.

Sejak tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan dana Rp1 triliun untuk program Dana Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Mahasiswa yang menerima bantuan sekitar 410.000 mahasiswa (terutama Perguruan Tinggi Swasta).

Bantuan tersebut terpisah dari dukungan biaya Pendidikan bagi 467.000 mahasiswa Mahasiswa Miskin Berprestasi dan KIP Kuliah. Setidaknya, dana KIP Kuliah Reguler tahun 2020 tetap disalurkan kepada 200.000 mahasiswa baru.

Begitu pula, Dana Bidikmisiterus diberikan kepada mahasiswa yang terus kuliah mulai tahun 2020. Nah, bantuan UKT dari Kemendikbud tersebut tetap dilanjutkan pada tahun 2021.

Cara Daftar Bantuan UKT Kemendikbud 2021 Bagi Mahasisa Terdampak Covid 19

Pemerintah melalui Kemendikbudristek akan menyalurkan Rp745 miliar untuk bantuan UKT bagi mahasiswa dengan batas maksimal Rp2,4 juta. Apabila, nilai UKT lebih besar daripada Rp2,4 juta, maka pembayaran selisih SPP kuliah menjadi kebijakan perguruan tinggi disesuaikan kemampuan mahasiswa.

Oleh karena itu, mahasiswa yang merasa harus dibantu UKT diminta mendaftar ke kampus tempatnya kuliah. Lalu mengajukan diri sebagai penerima bantuan ke Kemendikbudristek. Penyaluran SPP kuliah dilakukan Kemendikbudristek dikirimkan langsung ke setiap perguruan tinggi.

Adapun Syarat mendapat bantuan UKT, sebagai berikut:

  • Seorang mahasiswa yang masih aktif kuliah
  • Bukan orang sebagai penerima KIP Kuliah/ Bidikmisi l
  • Keluarga memiliki kondisi keuangannya yang perlu bantuan UKT pada semester ganjil tahun 2021.

Jadi, penerima bantuan UKT adalah masiswa yang masih kuliah dan tidak termasuk penerima KIP Kuliah/ Bidikmisi.

Cara daftar pengajuan bantuan UKT Kemendikbud 2021, sebagai berikut:

  • Mahasiswa harus mendaftarkan diri ke pimpinan perguruan tinggi. Agar diajukan sebagai seorang penerima bantuan kepada Kemendikbud Ristek.
  • Bantuan UKT uang kuliah dikirimkan oleh Kemendikbud Ristek kepada pihak perguruan tinggi masing-masing.

Mahasiswa penerima bantuan UKT Kemendikbud diperkirakan berjumlah 300 ribu dengan total anggaran Rp 745 miliar. Bantuan tersebut khusus menyasar mahasiswa dengan kondisi keluarga terkena dampak Covid-19.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menjelaskan bahwa bantuan UKT adalah kebijakan lanjutan dari penyaluran tahun 2020 lalu. Dasarnya adalah banyak mahasiswa yang mungkin akan putus kuliah karena  kondisi ekonomi keluarganya terdampak Covid-19.

Oleh karena itu, penyaluran bantuan UKT mencapai 108 persen. Totalnya disalurkan kepada 453,6 ribu mahasiswa dari target 419,6 ribu mahasiswa. Setiap mahasiswa aktif semester 3, 5, dan 7. Setidaknya mahasiswa yang enjadi target bantuan sekitar 74 persen dari mahasiswa yang masih aktif sekitar 419.605 orang. Demikian Cara Daftar Bantuan UKT Kemendikbud 2021 untuk diketahui bagi orang yang merasa membutuhkan.

Artikel menarik lainnya: Permainan Tradisional Oray-Orayan dari Sunda yang memiliki Makna dan Manfaat Bagi Anak-Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *