Yuk Ikut Main Petak Umpet Bersama Teman-Teman

Permainan petak umpet

Anak-anak dari dulu sampai sekarang masih senang main petak umpet, karena permainannya sederhana. Permainan petak umpet dikenal di berbagai daerah di Indonesia. Tahukah kamu kalau permainan petak umpet merupakan permainan tradisional yang memiliki nama berbeda.

Di daerah Jawa nama main petak umpet dikenal dengan nama antara lain: jethungan, dhelikan, atau umpetan. Kalau di daerah Jawa Barat namanya Bancakan dan Ucing Sumput. Permainan petak umpet kiga dikenal di berbagai negara loh, dalam bahasa inggris disebut hide and seek.

Seperti kebanyakan permainan tradisional, permainan ini tidak perlu mengeluarkan biaya dan perlengkapan yang mahal. Permainan ini cukup membutuhkan tempat yang luas, misalnya halaman rumah dan perkampungan. Bahkan ada pula yang ngumpet antar kampung, kalau sudah begini sulit sekali menemukan orang yang dicari.

Main Petak Umpet, Mari Bersembunyi Jangan Sampai Ditemukan

Untuk permainan ini, pemain ada yang bertugas sebagai penjaga alias ucing dan orang yang bersembunyi. Penentuan pemain yang bertugas sebagai ucing dan yang bersembunyi dilakukan dengan hompimpa, suit dan cing ciripit.

Anak yang menjaga harus memejamkan mata dan menghadap ke tembok, pohon, atau tempat lain yang membuat tidak bisa melihat temannya yang akan bersembunyi. Tembok atau pohon tempat menjaga ini disebut benteng, hong, atau inglo.

Nah, anak yang terpilih sebagai penjaga haru berhitung 1-10. Selama penjaga berhitung, maka anak-anak mencari tempat persembunyian. Setelah menyebutkan hitungan yang terakhir sampai angka 10, anak yang menjaga harus segera mencari anak yang bersembunyi.

Apabila si penjaga sudah menemukan anak-anak satu per satu, maka segera berlari ke tempat jaga, sambil mengatakan nama orang yang ditemukan sambil menepuk dinding atau pohon.

Kalau menepuk tanpa menyebutkan nama, maka akan kalah dan kembali sebagai penjaga. Begitu pun, kalau anak yang ngumpet berhasil lebih dulu ke dinding atau pohon tempat jaga, maka si anak harus sebagai penjaga lagi.

Untuk menentukan penjaga selanjutnya main petak umpet, anak yang ditemukan pertama kali biasanya menjadi pengganti yang berjaga. Ada pula dengan cara berbaris dibelakang penjaga yang menghadap dinding. Lalu anak penjaga menyebutkan nomor urut dibelakangnya.

Nomor urut disebutkan dan anak-anak yang berdiri dibelakangnya di hitung. Misalnya menyebut nomor lima, maka yang berdiri di belakang penjaga dengan urutan angka 5, akan bertugas sebagai penjaga.

Baca Lagi :

Penyanyi Dangdut Nella Kharisma, Menggoyang Jawa Timur dan Mengguncang Indonesia

Dari Hobi Menjadi Pekerjaan yang Menghasilkan Uang

Main Petak Umpet Ada Manfaatnya loh

Anak-anak biasanya senang sekali bermain petak umpet, karena mencari tempat persembunyian dan merasa akan sulit ditemukan oleh anak penjaga. Dari permainan ini ada beberapa manfaat bagi anak-anak.

    • Melatih kemampuan anak dalam berhitung.
    • Menyehatkan fisik anak, karena gerakan lari dalam permainan petak umpet.
    • Melatih ingatan anak dengan mengikuti aturan main dan menemukan anak yang bersembunyi.
    • Melatih rasa kesabaran dan sportivitas.

Anak yang bermain petak umpet biasanya mudah bersosialisasi dengan anak-anak lainnya. Anak harus menjaga dan menemukan orang yang bersembunyi. Dia harus mengamati lingkungan sekitar dan mencari teman yang bersembunyi.

Anak juga belajar untuk menemukan tempat aman sebagai lokasi bersembunyi. Dia akan belajar tentang peluang apakah temannya bisa menemukannya atau tidak dalam waktu yang lama. Selanjutnya dia akan bersosialisasi dengan menjadi penjaga berikutnya.

Permainan budaya Indonesia ini masih sering dimainkan anak-anak Rumah Baca Bambu Biru. Mereka biasanya memainkan permainan setelah pulang sekolah. Lingkungan perkampungan yang luas membuat penjaga sulit sekali menemukan temannya yang bersembunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.