Menanti Kejutan Pertunjukan Seni dan Budaya Sukabumi “Ngariksa, Ngaraksa, Ngarumat”

pertunjukan seni dan budaya Sukabumi

Dewan Kesenian Kota Sukabumi (DKKS) bersama komunitas-komunitas saat ini tengah mempersiapkan hadiah istimewa berupa pertunjukan seni dan budaya Sukabumi. Sebuah kegiatan yang akan disuguhkan untuk masyarakat Kota Sukabumi yang akan diadakan tepat di hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang.

Hadiah istimewa tersebut berupa pagelaran pertunjukan seni budaya Sunda Buhun (kuno) Sukabumi. Pertunjukan akan dikemas dan disajikan dalam sebuah alur cerita yang menarik yang diberi tema “Konservasi Budaya, Ngariksa, Ngaraksa, Ngarumat”.

Baca juga : Pengrajin Gelas Bambu Berkreasi dari Kekayaan Alam Kampung Cibiru Sukabumi

Istimewanya Rencana Pertunjukan Seni dan Budaya Sukabumi

Bob Muslim, ketua DKKS yang juga berperan sebagai ketua panitia mengatakan  bahwa sengaja mengusung tema budaya sunda buhun sebagai upaya mengangkat kembali serta melestarikan kesenian-kesenian sunda. Apalagi sudah hampir tidak dikenal lagi oleh generasi saat ini. Sedangkan pemilihan hari pada Hari Sumpah Pemuda tak lain untuk menunjukan semangat generasi muda dalam upaya melestarikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kesenian tradisional kepada masyarakat luas.

Kegiatan ini menjadi semakin spesial karena digerakkan oleh para pemuda, “Generasi mudalah yang bertanggung jawab terhadap kekayaan warisan budaya yang kita miliki. Jangan sampai kekayaan ini malah tidak diketahui oleh kita selaku ahli warisnya yang sah,” ujar Bob disela-sela kegiatannya.

Rencananya dalam pagelaran nanti akan ditampilkan seni Angklung Badag, Dogdog Lojor, Rajah Karinding, Ibing Pencak Silat, Drama dan masih banyak lagi. Semuanya akan diramu dalam sebuah alur cerita, sehingga menjadi kesatuan pertunjukan seni dan budaya yang sangat memikat.

Baca juga : Akses Jalan di Kecamatan Pabuaran Diperbaiki, Siswa Lebih Mudah Berangkat ke sekolah

Kegiatan yang Merangkul Semua Komunitas Seni Budaya di Sukabumi

Uniknya dari acara yang sedang digodok secara matang ini akan merangkul berbagai komunitas seni dan budaya di Sukabumi. Diantaranya Komunitas Budaya seperti Soerawoeng, Kipahare, Karasukan dan Korang Bumi-Egrang Sukabumi.

Tidak lupa pula akan menampilkan perkumpulan keren lainnya, seperti komunitas Pecinta dan Pelaku Seni (Komppeni), Sukabumi Violin Community (SVC) hingga para penyandang disabilitas dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Budi Nurani.

Materi penampilan seni dan budaya akan sesuai dengan ciri khas budaya sunda yang selama ini jarang dipertontonkan di panggung pertunjukan terutama di Sukabumi. Bob juga mengatakan rencana yang sedang diramu oleh DKKS bersama komunitas ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan Tahun 2017. Pemerintah dan masyarakat berkewajiban untuk menghidupkan kembali budaya asli yang semakin hari semakin tergerus zaman.

Ketika disinggung mengenai persiapan dan pendanaan, Bob menjawab, “Persiapan sudah dilakukan sejak jauh hari. Karena banyak yang harus disiapkan terkait penampilan serta jumlah orang yang dilibatkan, kegiatan pertunjukan seni dan budaya Sukabumi akan menghabiskan uang dalam jumlah besar. Namun kami tidak sepeser pun menggunakan uang pemerintah. Pendanaan akan melibatkan donatur tanpa kepentingan apapun yang akan menanggung seluruh biayanya.”

Baca dong : Tiga Hal Membuat Sabumi Volunteer Tetap Peduli Pendidikan Pelosok Sukabumi

Sejarah Pertunjukan Seni dan Budaya Akan Hadir di Sukabumi

Kegiatan positif yang dihadirkan oleh Dewan Kesenian Kota Sukabumi (DKKS) menjadi kabar baik untuk melestarikan seni dan budaya di Sukabumi. Apalagi komunitas yang terlibat diberi ruang untuk menunjukkan bakatnya dalam pertunjukan seni dan budaya Sukabumi.

Pertunjukan seni dan budaya akan menjadi kegiatan yang berbeda, karena pertama kalinya akan diadakan di kota sukabumi dan dikemas layaknya sebuah konser.

Selain penampilan dari berbagai komunitas dan rencana yang dijelaskan di atas. Kabarnya panitia pelaksana sedang menyiapkan banyak kejutan untuk pagelaran seni dan budaya ini. Mari dukung kegiatan positif yang mengangkat ciri khas budaya Sukabumi, agar terus dilestarikan oleh generasi pemudanya.

2 thoughts on “Menanti Kejutan Pertunjukan Seni dan Budaya Sukabumi “Ngariksa, Ngaraksa, Ngarumat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.