Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Budaya Indonesia

Permainan ABC Lima Dasar Mengajak Anak Melatih Kata Bersama dengan Jari-Jari Kecil Mereka

Permainan ABC Lima Dasar adalah ragam permainan yang sangat popular bagi anak-anak era 1990-an. Anak-anak memainkannya dengan mudah dan tanpa menggunakan alat atau benda khusus. Alat bantunya hanya menggunakan anggota badan, yaitu jari-jari tangan.

Adapun manfaat permainan ABC Lima Dasar adalah bisa mengasah keterampilan bahasa anak-anak. Si kecil bisa menghapal huruf dengan cepat dan menyenangkan. Apalagi dilakukan secara bersama-sama dengan menyebutkan huruf sesuai jari yang diacungkan secara berulang-ulang.

Sehingga, anak-anak menjadi mengenalkan siswa pada kosakata baru dari berbagai kelompok nama-nama, seperti benda, hewan, tumbuhan, dll.

Permainan ini juga dapat digunakan sebagai media belajar anak menguasai kata dengan cepat untuk menyebut nama sesuai huruf yang telah ditentukan. Anak-anak akan belajar untuk berlomba mengatakan kata dengan cepat dan tepat ABC Lima Dasar sesuai teman yang telah ditentukan.

Ikut Permainan Tradisonal ABC Dasar Yuk!

Permainan ABC Lima Dasar biasanya mulai dimainkan anak-anak setelah pulang sekolah. Mereka berkumpul bersama di teras atau halam rumah.

ABC Lima Dasar dimainkan dengan cara sebagai berikut:

  • Sebelumnya Anak-anak membuat kesepakatan kategori yang akan disebutkan. Misalnya, kategori nama kota, buah, hewan, atau yang lainnya.
  • Para pemain mengeluarkan jarinya sambil mengatakan “ABCD”. Anak-anak menentukan dulu huruf berdasarkan jumlah jari dari para pemain.
  • Jari boleh dikeluarkan satu, dua, sampai lima.
  • Pemain beradu cepat mengatakan nama yang diawali huruf yang telah ditentukan.

Permainan ABC Lima Dasar sangat baik bagi anak karena dapat melatih kecepatan dan kecerdasan. Apabila terlambat menyatakan nama dari huruf yang telah ditentukan akan mendapat hukuman. Anak-anak juga dilatih kebersamaan karena harus memainkannya beramai-ramai.

Permainan tradisional ABC Lima dasar lahir dari budaya masyarakat yang hidup hingga sekarang. Anak-anak dikenalkan permainan ini dari kakak baik itu perempuan maupun laki-laki.

Adapun manfaat dari permainan tradisional ini anak menjadi bisa berpikir dan berhitung cepat berdasarkan jari yang dikeluarkan. Permainan ini juga membuat anak membuat anak berpikir, berhitung, membuat siasat, dan melatih daya ingat.

Permainan tradisional selayaknya diperahankan, karena mulai hampir terseingkirkan oleh permainan modern. Padahal, syarat dengan kebersamaan karena melibatkan banyak orang yang memainkannya. Anak-anak menjadi senang karena menjadi berinteraksi antar pemain. Sama halnya denengan permainan tradisional petak umpet, congklak, dan gobak sodor.

Bukan rahasia lagi, permainan tradisional mempunyai nilai-nilai luhur dan pesan-pesan moral. Anak menjadi berlatih kebersamaan,tanggung jawab, sikap lapang dada (jika kalah), mematuhi aturan.

Manfaat Edukasi Permainan Tradisional ABC Lima Dasar

Permainan tradisional ABC Lima bisa menjadi media menghapal huruf secara cepat dengan menyenangkan. Anak-anak bisa mengingat huruf dari jari yang diacungkan. Setelah permainan diulang-ulang, akan membuat anak mengenal huruf secara berurutan.

Anak-anak juga bisa  mengenalkan kata baru karena menyebutkan kata berbeda dengan teman-temannya. Kata yang disebutkan bervariasi dan berbeda. Si kecil juga bisa mengetahui berbagai kelompok namanama benda, hewan, tumbuhan, dll.

Anak-anak yang memainkan ABC Lima dasar juga bisa melatih konsentrasi karena mengucapkan kata secara cepat dan berbeda. Perbendaharaan kata menjadi semakin banyak dan semakin kaya setelah semakin diasah.

Artikel menarik lainnya: Permainan Tradisional Ketapel: Mainan Jarang Dimainkan Anak-Anak Masa Sekarang

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close