Mengenal Pencak Silat di Tatar Sunda dengan Gerakan yang Indah

pencak silat di tatar sunda

Pencak Silat di Tatar Sunda memiliki ciri khas sendiri seperti dari kelompoknya, gerakannya, iringan musiknya, dan seni yang terdapat di dalamnya. Pencak Silat di Tatar Sunda pernah dibagi dalam dua kelompok, antara lain:

  • Kelompok Kembang (bunga).
  • Kelompok Buah (buah).

Selain itu, ada jurus dalam pencak silat di tatar sunda. Jurus yang dimaksud adalah serentetan gerakan pokok yang merupakan dasar kedua kelompok tadi.

  • Penca Kembang adalah terdiri dari rangkaian beberapa jurus menjadi suatu tarian. Tariannya memiliki ragam gerakan sesuai dengan pola irama tempo dan tenaga yang di gunakan. Misalnya, Pertama Tepak Dua, yaitu ragam Tari Penca yang mengikuti tabuhan yang bernama Tepak Dua dan termasuk yang paling lambat serta gerakannya lebih terlihat gemulai.

Kedua Tepak Tilu. Gerakannya memiliki tempo lebih cepat gerakannya, lebih tegas dan kuat. Di Antara Tepak Dua dan Tepak Tilu, memiliki ragam tarian, antara lain tari Paleredan,  dan ragam tercepat adalah Padungdung.

Selain itu, ada ragam tabuhan lebih cepat temponya, tetapi tidak lebih cepat dari Padungdung, yaitu Golemong.

  • Penca buah tidak digunakan untuk di pertunjukkan layaknya tari Penca. karena Penca Buah lebih mengandalkan gerakan-gerakan dalam bela diri.

Setiap pagelaran tari Pencak, tarian dapat dilakukan seorang diri atau banyak orang (lebih rampak). Nah, tariannya juga bisa menggunakan senjata atau tangan kosong.

Baca juga : 5 Festival Budaya Sukabumi yang Harus Kamu Ketahui

Tarian Pencak Silat di Tatar Sunda Dilakukan dengan Tangan Kosong dan Pakai Senjata

Selain dapat dilakukan seorang diri dan berkelompok, tarian pencak silat di tatar sunda dilakukan tanpa tangan senjata tajam (tangan kosong) dan menggunakan senjata. Senjata yang dipakai adalah pisau, golok cabang trisula, dan tumbak.

Pertunjukan silat dapat dilakukan berdua seperti dua orang yang sedang bertarung. Ada yang menggunakan senjata dan tangan kosong. Gerakannya bisanya diiringi tabuhan Padungdung.

Pencak silat di tatar sunda bisa dilihat dalam pegelaran malam kesenian yang ditampilkan sebagai satu pertunjukan dalam suatu acara di masyarakat, misalnya festival budaya dan acara 17 pentas 17 agustusan. Pencak silat biasanya menjadi salah satu pengisi acara. Acara keluarga seperti sunatan dan pernikahan juga ada yang mengundang pencak silat sebagai simbol budaya sunda dalam acara tersebut.

Lalu dari mana sebenarnya gerakan pencak silat di tatar sunda yang diiringi seni tari dan musik berasal?

Ragam Pencak Silat di Tatar Sunda : Aliran Cimande dan Cikalong

Secara garis besar pencak silat di tatar sunda berasal dari Aliran Cimande dan Cikalong yang sudah memiliki sejarah panjang. Bahkan jauh pada awal masa penjajahan Belanda.

Aliran Cumande didirikan oleh Ayah Kahir disebut juga Embah Kaer/ Eyang Khoer. Dia memperkenalkan pencak silat aliran Cimande kepada muridnya diperkirakan sejak tahun 1760. Secara turun temurun dilestarikan oleh murid-muridnya. Silsilah para tokoh Cimande antara lain: Embah Kahir, Embang Rangga, Embah Ace Naseha, Embah Haji Abdul Shamad , Embah Haji. Ada pula Idris, Embah Hajo Ajid, Embah haji Zarqasih, Haji Niftah , Haji, R. A Sutisna.

Baca juga : Pak Dadang Guru Bergaji Rendah dari Sukabumi, Selamat Hari Guru Sedunia ya

Sedangkan, Aliran Cikalong dikembangkan oleh Raden Ateng yang merupakan seorang putera bupati. Dia pernah menjadi murid Abah Kahir. Nah, Raden Ateng mengembangkan pencak silat secara berbeda. Kalau sebelumnya pencak silat untuk pembinaan fisik dan ekspresi bela diri. Dia menjadikan pencak silat bagian dari olah tubuh dengan iringan tari sebagai media ekspresi. Sehingga, lahirlah gerakan yang indah.

Pencak silat merupakan seni beladiri terus dilestarikan di Indonesia. Kita akan sangat bangga ketika Pencak Silat membawa harum nama Indonesia dalam kejuaraan dunia. Namun, kita harus memahami juga ada warna yang khas dari pencak silat dari setiap daerah, seperti pencak silat dari Tatar Sunda. Pencak Silat dengan tarian yang diiringi musik, sehingga membuat gerakannya sangat indah.

 

Sumber foto : Hidayat Asep

One thought on “Mengenal Pencak Silat di Tatar Sunda dengan Gerakan yang Indah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.