Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
Budaya IndonesiaWisata Sukabumi

Makanan Khas Jawa Barat yang Enak Pisan

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Tidak lengkap rasanya tanpa mencoba makanan Khas Jawa Barat, kalau datang ke wilayah yang mayoritas bersuku sunda ini. Hasil pertanian yang melimpah membuat orang sunda bisa mengolah berbagai jenis makanan khas Jabar yang bentuk dan rasanya sangat jauh berbeda.

Makanan khas orang sunda itu seperti, beragam pais (pepes) dibungkus daun pisang, antara lain pepes ikan, pepesa ayam, pepes tahu, pepes oncom, nasi timbel dan lainnya. Kenapa banyak makanan dibungkus daun pisang, karena terinspirasi dan kebun mereka yang banyak tumbuh pohon pisang.

Sama halnya dengan makanan khas dengan bahan ikan air tawar. Lingkungan tempat tinggal di tanah sunda yang terdapat banyak sungai dan kolam membuat masyarakat mengembangbiakkan ikan, seperti ikan nila, mas, dan gurame. Begitu banyaknya hasil dari budidaya ikan tawar tersebut, berdampak kepada orang sunda yang pintar dalam mengolah dan memasak ikan.

Ada banyak cara memasak ikan, antara lain dibakar, digoreng, dipepes, dibubuy (dibungkus pakai daun pisang lalu dimasukan ke dalam abu panas). Bisa pula, ikan disajikan dengan dicobek, diacar, dibumbu rujak, dan lain-lain.

Makanan Khas Jawa Barat juga dari Olahan Beragam Jenis Tanaman Sebagai Lalaban

Orang sunda mampu mengolah sayuran dari jenis tanaman penyerta makanan sebagai lalaban. Ada sangat banyak jenis makanan yang tumbuh di wilayah Jawa Barat yang bisa dijadikan Lalaban. Baik itu dimakan secara mentah dan dimasak.

Tanaman atau sayuran untuk lalaban biasanya dimakan dengan sambal, seperti sambal sambel muncang (kemiri), sambal oncom, sambel goreng, sambel cabe hejo dan lain-lain. Tidak hanya itu, lalaban juga bisa digunakan untuk beberapa jenis makanan, seperti karedok, pencog, reuceuh, ulukutek, lotek, tumis dan angeun (sayur kuah).

Makana khas jawa barat atau makanan khas sunda dari ikan dan lalaban ternyata tidak hanya digemari oleh sunda. Para wisatawan juga dari dalam dan luar negeri juga senang dengan masakan sunda.

Bagi kamu yang akan berkunjung ke Wilayah Jawa Barat, ada banyak rumah makan khas sunda sebagai menu andalan. Cara penyajiannya pun berbeda, makanan khas jawa barat ditampilkan dengan memakai bokoko (bakul), coet (ulekan), samak (tikar). Lalu, gaya rumah makan khas Jawa Barat biasanya berciri arsitektur khas Sunda, seperti rumah panggung, terdapat kolam, dan bahan bangunan terbuat dari kayu atau bambu.

Kalau dilihat dari nama Rumah Makan Khas Jawa Barat, identitasnya berciri sunda. Misalnya, Lembur Kuring, Ponyo, Boboko, Nasi Timbel, Geksor dan lain-lain. Menu makanan sunda dapat di temui di seluruh wilayah Jawa Barat, khususnya daerah Parahyangan. Makanan sunda tersebut antara lian: sangu timbel, tutug oncom, karedok, lotek, angeun haseum. Di beberapa daerah Jawa Barat ada pula memiliki makanan khas tersendiri.

Daerah Jawa Barat yang Memiliki Makanan Khas Sendiri

Adapun daerah yang memiliki makanan khas sunda sendiri, antara lain:

Sedangkan beberapa daerah yang mempunyai menu makanan khas, antara lain :

  • Bandung : Sayur kupat. soto bandung, baso tahu bandung, dan mi kocok.
  • Cianjur : Geco.
  • Purwakarta : Sate maranggi.
  • Bogor : Laksa.
  • Cirebon : empal gentong, tahu gejrot.

Masih ada lagi, selain menu makanan pokok sehari-hari, misalnya nasi, pepes, karedok, sayur asem dan sambel lalab. Menu makanan khas sunda yang sering dikonsums, ada pula penganan atau jenis makanan ringan. Berikut adalah jenis makanan dan asal daerahnya:

Bandung : peuyeum sampeu & ketan, borondong, ladu, burayot, ali agrem, kolontong, opak, ranginang, kiripik tempe, kiripik oncom, awug, tahu bandung.

  • Bogor : sirop pala. kiririp taleus, asinan bogor, lapis hejo.
  • Cirebon : kurupuk udang, sirop campolai, terasi, ikan asin, emping.
  • Sumedang : tahu, hui cilembu.
  • Cianjur : tauco, aneka manisan buah.
  • Sukabumi : sirop pala, kueh moci, bika ambon.
  • Kuningan : peuyeum ketan bodas.
  • Majalengka : kecap.
  • Purwakarta : simping, peuyeum gandul.
  • Subang : dodol ganas, sale ganas.
  • Garut : aneka macam dodol ketan, sale kesemek.
  • Tasikmalaya : dodol sirsak, sale cau, opak, ranginang.
  • Ciamis : minyak kelapa, galendo, kiripik cau, sale cau.

Ada pula jenis minuman khas sunda Jawa Barat, antara lain: lahang, cai atah, cai teh, bandrek, bajigur, goyobod,es puter, sakoteng dan es cingcaw.

Provinsi Jawa Barat memang memiliki makanan khas dan minuman khas sunda yang beraneka ragam. Kalau kamu berwisata ke berbagai wilayah, jangan lupa cari makanan khas tersebut. Dijamin enak dan penuh cita rasa berbeda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close