Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Budaya Indonesia

Gaya Masak Tradisional Makanan Dalam Bambu

Anda pernah mencoba makanan dalam bambu? Pernah mendengar nama makanan lemang? Makanan yang terkenal dimasak dengan teknik memasak dalam bambu adalah lemang. Makanan nan enak dari Sumatera Barat. Lemang merupakan panganan yang terbuat dari beras ketan yang dilapisi daun pisang dan dimasukkan ke dalam tabung bambu. Bambu yang telah diisi ketan dipanggang di atas kayu bakar. Hingga ketan menjadi matang, dan hasilnya disebut lemang.

Tradisi membuat lemang sendiri diperkirakan telah ada 300 tahun yang lalu, seiring dengan penyebaran agama Islam di pesisir Kota Padang. Akhirnya, pembuatan lemang menjadi tradisi yang muncul ketika bulan Ramadhan tiba. Bahkan dalam kebiasaan orang Pariaman membuat lemang dalam perayaan Maulid Nabi menjadi suatu hal yang wajib. Lemang disuguhkan dengan tapai ketan hitam sebagai menu takjil yang dicari ketika bulan puasa. Lemang juga bisa disantap dengan sarikaya, rendang ataupun gulai. Jenis makanan dalam bambu ini ternyata juga terdapat di daerah lain di Indonesia.

Ragam Pengolahan Makanan Dalam Bambu di Indonesia

Hidangan maknanan hasil pengolahan dalam bambu juga ditemukan di Sulawesi Utara. Sebut saja Nasi Jaha yang merupakan makanan yang selalu ada dalam setiap acara. Nasi Jaha alias bahundak, oleh orang-orang di pulau Sangir. Cara mengolahnya sama seperti lemang dimasukkan dalam bambu, namun diberi tambahan jahe. Lalu nasi dimasak di atas arang yang terbuat dari tempurung kelapa.

Kebiasaan mengolah makanan dalam bambu atau tradisi membakar bahundak diiringi bait-bait pantun. Ketika tabung bambu sudah matang, tidak semua orang bisa membelahnya. Anak harus meminta izin pada orang tuanya. Kalau diberi ijin, barulah boleh melakukannya. Hal tersebut ternyata merupakan simbol bahwa anak sudah dianggap dewasa untuk memikul tanggung jawab keluarga.

Pengolahan makanan dalam bambu juga ditemukan di Minahasa dengan nama Pangi. Pangi adalah rajangan daun keluak yang dibumbui rempah-rempah dan lemak babi. Pagi tersebut dibakar sampai lemak babi hancur menjadi lemak. Jenis makanan lain di Minahasa yang dimasak dengan menggunakan bambu, dikenal juga babi tinoransak dan ayam buluh.

Begitu pula, di Kalimantan Timur, masakanan khas yang diolah dalam bambu adalah ikan patin bakar bambu. Ikan patin dibungkus dan dibumbui dalam daun pisang, lalu dibakar dalam batang bambu. Rasanya tentu saja sangat nikmat setelah dimasak beberapa saat. Indonesia memiliki kekayaan olahan makanan secara tradisional yang sangat nikmat. Bagi kamu yang suka jalan-jalan ke suatu daerah jangan lupa cari makanan dalam bambu untuk disantap. Kamu harus coba makanan seperti lemang, ayam buluh, ikan bakar patin bambu, dan makanan lainnya.

Sumber artikel: Majalah Femina

Baca juga : Mengenali Gejala Depresi Sebelum Kehilangan Anggota Keluarga Anda

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close