Jenis Sayuran Indonesia yang Dapat Ditemukan di Sekeliling Tempat Tinggal Anda

Jenis sayuran Indonesia
Jenis sayuran Indonesia

Jika sering pergi ke pasar tradisional, maka akan banyak menemukan jenis sayuran Indonesia yang mungkin selama ini belum pernah Anda makan. Jenis sayuran Indonesia sangat mudah tumbuh dan mungkin saja ada di pekarangan rumah Anda.

Istimewanya sayuran asli Indonesia juga memiliki khasiat dan kelezatan luar biasa. Mari sering membeli sayuran ke pasar tradisional dan jadikan bagian sajian hidangan di meja makan keluarga.

Daun Genjer Jenis Sayuran Indonesia yang Tumbuh Di Rawa dan Pinggir Sawah

Jenis sayuran Indonesia yang dinamakan genjer dapat dengan mudah ditemukan di rawa atau pinggir sawah. Bentuk daunnya memanjang dan memiliki pucuk bulat yang disebut bunga genjer.

Sayuran ini paling enak dimasak dengan ditumis dipadu dengan bumbu pedas. Setelah sayur genjer ditumis, segeralah santap agar tidak berlendir.

Daun PohPohan Menjadi Sayur Lalapan Khas Sunda

Orang Sunda sangat dikenal dengan sayur lalapannya, salah satunya daun Pohpohan. Lalapan favorit di dapur Sunda memiliki kulit tipis dan aroma yang wangi seperti daun mangga.

Rasanya sangat segar membuat sayur Pohpohan lebih cocok dimakan mentah. Anda bisa mencobanya sebagai duan penggulung nasi favorit Anda.

Daun Katuk Sebagai Sayuran Pelancar ASI

Sayuran daun katuk sangat baik dikonsumsi para ibu yang bermanfaat untuk memperlancar ASI. Daun Katuk mengandung protein dengan kadar seperti kacang-kacangan dan kaya berakaroten.

Semakin pakat warna daunnya  maka semakin tinggi kandungan betakarotennya. Daun Katuk Sangat sedap diolah menjadi sayuran gulai, sayur bening, dan menjadi urap.

Daun Labu Siam juga Baik untuk ASI

Tanaman Labu Siam memiliki daun dengan bentuk sulur-sulur spiral yang unik. Daunnya labu siam sangat baik bagi kelancaran ASI dan menjadi sumber antioksidan.

Ketika masih mudah, kuncup, dan sulur-sulur daunnya sangat sedap dimasak sayur lodeh. Enak pula diolah menjadi oseng labu.

Sayur Pakis Sangat Kaya Vitamin A

Daun Pakis berwarna hijau gelap dengan bentuk pendek dan sulur-sulur spiralnya saling merapat. Sayuran ini sangat kaya vitamin A dan mengandung kalsium. Daun pakis sering dimasak  berupa gulai di dapur orang sumatera.

Kalau daun pakis yang tua kurang cocok diolah, karena teksturnya menjadi liat. Oleh karena itu, orang biasanya menggunakan hanya pucuk daun mudanya. Sayur daun pakis sebaiknya tidak dimasak terlalu lama, karena mudah menjadi berwarna hitam dan teksturnya lunak.

Zaman kekinian, orang mulai meninggalkan jenis sayuran Indonesia yang biasa dihidangkan oleh orang tua dulu. Anak-anak zaman sekarang malah menggemari sayuran salad yang sangat khas kebarat-baratan. Padahal sayuran lokal, seperti Genjer, Pohpohan, Katuk, Labu Siam, dan Pakis dapat dimasak kapan saja dan dapat dihidangkan di meja makan keluarga Anda.

1 Trackback / Pingback

  1. Makanan Dalam Bambu - Sabumi Sukabumi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.