Budaya Indonesia

Ikut Permainan Tradisional Gobak Sodor Yuk

Permainan tradisional gobak sodor dilakukan bersama grup. Jenis permainan ini harus dimainkan dalam dua regu yang anggotanya 3-5 orang. Untuk itu, anak-anak harus memainkannya secara beramai-ramai dengan mengumpulkan teman-temannya. Permainan ini membutuhkan lokasi yang cukup luas, karena digunakan untuk berkejar-kejaran dan menghalangi lawan.

Permainan gobak sodor merupakan permainan tradisional yang berasal dari daerah bukan hanya ada di Pulau Jawa. Namun juga berasal dari daerah yang berbeda, seperti dari Kepulauan Natuna permainan ini dikenal dengan nama Galah dan Riau disebut Galah Panjang. Sedangkan, kalau di Jawa Barat namanya itu disebut Galah Asin, jika di Makasar dikatakan Asing, dan orang dari Batak Toba menyebut permainan ini Margala.

Mari Kita Pelajari Cara Permainan Tradisional Gobak Sodor

Untuk memainkannya, pertama kamu harus membuat garis-garis penjagaan dengan kapur seperti berbentuk lapangan bulu tangkis. Perbedaannya tidak ada garis rangkap dan menjadi contoh permainan tradisional yang dimainkan secara bersama-sama. Lihat gambar di atas.

Sebelum memulai, kedua ketua regu melakukan sut

Hal itu dilakukan untuk menentukan regu pemenang dan kalah. Regu yang kalah akan bertugas sebagai penjaga garis dan menghalangi regu yang menang tidak lolos ke garis terakhir secara bolak balik. Untuk menentukan siapa yang juara, seluruh anggota tim harus melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang ditentukan.

Regu Penjaga Menghalangi Lawan Melewati Garis Horizontal dan Vertikal

Anggota regu menjaga garis horizontal dan ada juga yang menjaga garus batas vertikal. Penjaga garis horiontal tugasnya menghalangi lawan mereka yang berusaha melewati garis batas yang sudah ditentukan. Penjaga garis vertikal akan menjaga seluruh garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Begitu seterusnya hingga tim yang lawan bergantian sebagai regu penjaga garis dan menghalangi lawan.

Pelajaran yang Bisa Diambil dari Permainan Tradisional Gobak Sodor

Permainan  gobak sodor memiliki nilai yang mengajarkan anak-anak untuk saling berkerjasama. Anggota regu harus kompak antara satu penjaga dengan lain, agar regu lawan tidak berhasil lolos dari kurungan tim kamu. Dipihak lain, tim lawan harus lihai menerobos celah-celah atau pintu yang terbuka dari regu penjaga. Anggota regu jangan sampai tersentuh atau tertangkap, karena ada banyak cara untuk meloloskan diri.

Jenis permainan tradisional sudah jarang dimainkan oleh anak-anak zaman zekarang, karena kalah dengan permainan games online. Tetapi masih langgeng dan sering dimainkan anak-anak di daerah perdesaan.

Permainan tradisional ini sering dimainkan oleh adik-adik dari Rumah Baca Bambu Biru. Lokasinya di Kampung Cibiru, Desa Cicantayan, Sukabumi. Bahkan, mereka pernah mengikuti pertandingan permainan tradisional gobak sodor atau dikenal dengan galah asin di Provinsi Jawa Barat. Permainan ini juga membuat adik-adik lebih akrab dengan teman-temannya dan sering bermain bersama-sama.

Sumber Foto dari http://www.anakmandiri.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *