Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
Bisnis

Tips Terbaik Mengatakan Tidak Kepada Bos

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Mengatakan tidak kepada bos sering menjadi hal sulit. Apalagi terkait pekerjaan yang harus diselesaikan segera. Padahal sebenarnya bukan tugas Anda.

Namun, jika melakukan semua yang diminta bos, rasanya kok tidak adil dan lama-lama bikin jengkel juga. Kalau sudah begitu mungkin sudah waktunya mengatakan tidak kepada bos Anda. Tetapi tidak semudah itu mengatakan tidak bro and sis. Anda harus melakukan dengan cara yang tepat agar tidak menjadi masalah dengan bos.

Tuliskan Alasan Mengapa Anda tidak Dapat Mengamini Perintah Bos

Jika bos Anda meminta Anda untuk menyelesaikan pekerjaan tambahan atau menyelesaikan tugas yang sebenarnya tidak sempat dilakukan. Apalagi sebenarnya diluar kewajiban Anda. Ada baiknya menuliskan tugas-tugas yang masih belum diselesaikan dan berikan kepada bos Anda. Lakukan secara tenang agar tidak mendapat respon dengatif dari bos.

Apabila Anda tidak yakin tugas itu sesuai kemampuan Anda. Periksalah kembali deskripsi pekerjaan ketika diterima berkerja di kantor tempat Anda berkerja. Jika beban kerja terlalu berat dan tidak tahan lagi mengerjakannya. Jangan dipaksakan untuk menyelesaikannya.

Buat Checklist Pekerjaan yang Sedang Dilakukan

Buatlah checklist prioritas pekerjaan Anda. Jika Anda dapat membuat daftar pekerjaan ang menjadi prioritas dan merasa tidak sanggup mengambil tugas tambahan. Jelaskan pada bos bahwa ada pekerjaan yang sedang menjadi prioritas untuk diselesaikan.

Anda perlu menunjukkan bahwa terdapat pekerjaan prioritaskan yang harus diselesaikan tepat waktu. Buatlah daftar rapih dan jelas dalam dokumen sehingga lebih mudah membicarakan prioritas pekerjaan dengan bos Anda.

Bayangkan Anda Di Posisi Bos Anda

Sebelum Anda protes tugas yang diberikan oleh bos Anda. Cobalah pikirkan kalau Anda menjadi bos di perusahaan tempat berkerja dan pahami pekerjaan yang menjadi prioritas perusahaan untuk diselesaikan segera. Jangan-jangan tugas yang diminta bos untuk dikerjakan memang sangat penting untuk diselesaikan segera.

Jika Anda tidak melakukan tugas tersebut mungkin akan mempengaruhi pendapatan perusahaan yang signifikan. Maka bicarakan dengan bijak tugas pekerjaan yang diberikan oleh bos. Agar perusahaan tetap mempunyai pendapatan dari pekerjaan yang telah diselesaikan. Lihat pula bagaimana respon bos saat Anda membicarakan tugas yang diberikan bos.

Baca juga:

Tips Bikin Suasana Adem Setelah Jokowi-Amien Menang Pemilu

Tips Mudik Aman dari Kejahatan ala Sabumi Volunteer

Pertimbangkan Bahasa yang Digunakan Saat Berbicara dengan Bos

Anda sebaiknya memikirkan bagaimana membicarakan pekerjaan dengan nada dan bahasa yang benar untuk mengatakan tidak kepada bos. Ingatlah bahwa Anda perlu menggunakan bahasa sebaik mungkin untuk menghindari masalah dari penolakan tugas yang diberikan untuk Anda.

Bahasa yang bisa Anda katakan, misalnya, “Apabila saya menyelesaikan tugas ini, maka saya tidak akan punya waktu untuk menyelesaikan laporan utama minggu ini”. Hindari kesan kalau Anda tidak mau menerima tugas yang baru diberikan oleh bos.

Berikan Argumen yang Kuat

Anda harus menjelaskan alasan tidak mau menerima pekerjaan dengan jelas dan efektif. Jika Anda tidak dapat membuat argumen yang kuat maka atasan Anda tidak akan mengerti mengapa Anda tidak mau mengerjakan tugas baru.

Siapkan alasan dengan menguraikan pekerjaan yang sedang dikerjakan. Jika waktu menjadi masalahnya, maka Anda perlu membuat alasan yang dapat dimengerti agar bos memahami beban kerja yang Anda pegang. Katakan kalau Anda harus menyelesaikan satu pekerjaan yang sudah memasuki tenggat waktu.

Cobalah untuk membuat atas Anda mengerti untuk tidak menambah pekerjaan Anda.  Katakan pada bos kalau Anda diberikan tugas lainnya ditakutkan tidak diselesaikan dengan baik.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close