Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Bisnis

Percaya Deh Ide Peluang Usaha Bisnis itu Bisa Datang Dari Mana Saja

Seseorang yang mau memulai berjualan sering kebingungan memikirkan ide peluang usaha bisnis yang akan didirikan. Ada banyak orang yang ingin memiliki usaha sendiri, namun merasa tidak cocok dan tidak memiliki kemampuan untuk mengmbangkan ide bisnisnya.

Meski, ide bisnis bisa datang dari mana saja, dari apa yang kita dengar setiap hari, apa yang dicari oleh lingkungan sekitar, hingga belajar dari pebisnis yang sudah sukses mengembangan usahanya. Ayolah, jangan turun semangat, terus gali ide bisnis yang sedang Kamu pikirkan.

Kalau mau memikirkan lebih serius dan memperhatikan lingkungan sekitar, ada saja peluang bisnis yang sebenarnya bisa dikembangkan. Cermati usaha yang pernah anda lihat, misalnya, usaha laundry, ruma makan, biro jasa, dan sebagainya. Lihat, amati, tetapi jangan ditiru. Kembangkan ide peluang usaha bisnis yang sudah ada. Berpikirlah bagaimana caranya bisnis yang sudah ada bisa jauh lebih berkembang.

Memikirkan Ide peluang Usaha Bisnis itu Enggak Mesti Original Kok

Jaman sekarang, ide peluang usaha bisnis itu tidak harus asli hasil olahan dan pemikiran sendiri. Kalau ada peluang usaha yang sama dan harus dikembangkan kenapa tidak? Misalnya ini ya, Usaha laundry itu kan sudah banyak sekali, tetapi ada saja yang beda dari pelayanannya.

Ada usaha laundry yang bikin bajunya rapih banget dan wanginya sampai seminggu. Sedangkan, laundry yang lain tidak. Ada pula laundry yang bikin pelayanan antar jemput. Begitulah ide dikembangkan, dari kualitas dan jasa bisa dikembangkan lebih baik.

Usaha yang sedang berkembang saat ini, “jasa titip beli barang”. Kalau saat ini ada ojek online yang bisa bantu beliin barang Kamu. Ada pula orang yang berpikir cerdas, dia belanja sambil membelikan barang milik orang lain.

Maka, berkembanglah bisnis jasa titip. Ibu-ibu yang doyan belanja menangkap peluang ini dengan baik. Perhatikan deh teman-teman medsos Kamu, pasti ada ibu-ibu yang menulis, “mau beli barang baju di Matahari nih, ada yang mau titip barangnya?”

Nah dari kedua ide tersebut sudah jelas ada banyak ide peluang usaha bisnis yang bisa dikembangkan dari bisnis milik orang lain. Kamu harus bisa menangkap peluang dan kembangkan bisnis yang sudah ada. Tangkap peluang pasar yang dapat sangat menguntungkan dan menambah pendapatan anda.

Ada juga loh ide yang sedang kepikiran sama penulis, membuka warung dengan jasa antar-jemput. Pembeli tidak harus pergi ke warung, tinggal telpon atau kirim pesan saja, barang bisa diantar langsung ke rumah. Aha, ide bagus, buka bisnis baru lagi ah!

Bisnis itu Dapat Dikembangkan Dari Keterampilan yang Kita Miliki

Kalau mengembangkan bisnis bisa berasal dari keterampilan yang Kamu bisa dan tekuni. Keterampilan anda menjadi sumberdaya potensial yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Ada banyak orang yang mengembangkan bisnisnya dari kemampuan dirinya sendiri, misalnya pemiliki Bukalapak, Achmad Zaky mengembangkan usaha karena memiliki kemampuan potensial di bidang komputer.

Maka sejak kuliah, dia aktif berkegiatan dalam perkumpulan wisausaha di Kampung ITB. Selanjutnya, dia mengembangkan bisnis media digital Bukalapak.com. Hasilnya bukan main, investor dari Jepang menanamkan modal milyaran rupiah.

Zaky adalah contoh bagaimana seseorang bisa menggunakan kemampuannya dnegan maksimal. Dari pengetahuannya di bidang computer, dia mampu mengembangkan usaha e-Commerce yang berkembang menjadi salah satu terbesar di Indonesia. Nah, melihat usaha yang telah dicapai oleh Zaky, Kamu bisa enggak membuat keterampilanmu menjadi usaha yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Baca juga :

Taman Rekreasi Hotel Selabintana Sukabumi, Lokasi Wisata Alam di Kaki Gunung Pangrango

Hari Pendidikan Nasional Bagi Anak Pelosok Sukabumi Adalah Hari Penuh Harapan

Hobimu itu Bisa Menjadi Sumber Ide Peluang Usaha Bisnis

Kamu punya hobi yang menarik seperti mengumpulkan mainan hotwheel atau koleksi tas. Wah itu menarik sekali, kenapa homimu tidak dijadikan ide puluang usaha bisnis saja? Ide usaha bisa dikembangkan dari hobi yang selama ini kita lakoni.

Kalau hobi mengumpulkan mainan mobil-mobilan hotwheel, kenapa enggak sekalian bikin usaha jual beli saja? Bagi sista-sista yang demen banget ngumpulin tas mahal ya bok jangan dikumpulin saja. Ada banyak jeng-jeng lain yang suka beli tas juga toh. Daripada koleksinya kebanyakan, jadikan bisnis saja. Misalnya nih ya, beli dua tas, satu tas lainnya jual saja. Tentukan selisih harga yang bisa menjadi keuntungan Kamu.

Ide bisnis yang dikembangkan dari hobi membuat pelakunya tidak terbebani. Wong, udah senang ngumpulin tas kok. Beli tas mahal aja rela ngeluarin uang jutaan rupiah. Kenapa enggak jual-beli tas untuk meraup keuntungan jutaan juga.

Ade Rai contohnya, dia bisa mengembangkan ide bisnis dari hobinya juga. Ida mendirikan pusat kebugaran bernama Rai Fitness. Badan segar buga dan kantong bisa terisi tebal dari usaha uang dikembangkan dari kegemarannya membentuk otot di tubuhnya. Ayo apalagi, jadikan bisnismu menjadi peluang usaha.

Nah itulah tiga sumber ide bisnis yang bisa dikembangkan dan menghasilkan banyak keuntungan. Jadi tunggu apalagi, mulailah kembangkan ide dan mari mulai berbisnis.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close