Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Bisnis

Jualan Online Tanpa Modal, Apa Bisa?

Bisnis online sedang menggeliat belakangan ini, tetapi apakah jualan online tanpa modal bisa dilakukan? Startup e commerce sedang bermunculan, dari BukaLapak, Lazada, Tokepedia, Hingga Shopee yang bilang gratis ongkir. Kalau dipikir-pikir kemunculan e commerce membuat semakin menggeliatnya pelaku jual online di Indonesia.

Pendiri e commerce tahu betul pengguna Internet Indonesia menjadi ladang bisnis yang yahud untuk jual beli online. Seperti yang diungkapkan Zaky pendiri BukaLapak pada tim Tekno Liputan6.com, mereka telah mengumpulkan setidaknya lebih dari 190 ribu penjual (seller). Dahsyat bukan.

Toko online memang terbukti oleh banyak seller membuat penghasilan yang menarik. Apalagi jualannya bisa dari rumah, tetapi apakah jualan online tanpa modal?

Memang sih, enggak pernah terbayangkan bisa jualan sepatu, baju, celana, bedak, minyak wangi, hingga pensil alis dari sambil meninabobokkan si kecil. Sehingga banyak bermunculan jualan online paling laris.

Tetapi jualan online itu tidak semudah diangan, menari jutaan calon pembeli hingga memesan produk sanga penjual saja tidak mudah. Karena harus ada perencanaan matang, strategi pasar, hingga mendesain produk yang menarik, agar pengguna internet membeli barang anda hanya dengan melihat foto atau gambar produk yang sedang dijual.

Kalau dipikir-pikir melihat bisnis jual beli online yang telah berjalan dan kesuksesan penjualnya, apa mungkinnya bisa dilakukan tanpa modal. Kalau anda memikirkan bisa jual beli online gratis, anda harus memikirkan beberapa hal berikut ini.

Jualan Online Tanpa Modal, Tetapi Kan Harus Punya Stok Barang

Bisnis online tanpa produk kan sama aja bohong. Ya enggak mungkin jualan tanpa barang. Perkaranya, produk yang mau dijual itu butuh modal. Mau jual makanan seperti Teri Kece penjual Teri Medan, mereka harus membeli bahan teri, cabe dan rempah lainnya.

Mau menjual barang orang lain? Anda tetap butuh modal, paling tidak pulsa untuk bertanya-tanya tentang kesediaan barang. Apalagi kalau barang yang dijual itu seperti baju dan celana, modalnya enggak sedikit karena harus menyediakan pasokan produk dalam jumlah besar.

Mengirim Barang Saja Harus Mengeluarkan Uang

Jangan kira bisnis online itu tidak mengeluarkan uang ekstra lebih dulu. Meski pun barang yang dijual miliki orang lain atau disebut jualan online tanpa modal. Meski, penjual harus mengeluarkan uang sendiri dulu untuk jasa pengiriman barang. Kalau semakin berat barang yang dikirim, maka semakin banyak kocek yang harus dikeluarkan dari kantong.

Seorang penjual harus memikirkan bagaimana produk akan dikirim. Jasa pengiriman aapa yang paling bagus digunakan agar barang sampai dengan aman ke pada pelanggan.

Penjual jangan sampai salah menentukan jasa pengiriman andal yang dapat diandalkan, karena bila barang rusak atau salah kirim, maka sang pedagang online yang akan dirugikan. Pikirin deh, apakah bisa jualan online tanpa modal.

Baca juga :

Pengelola atau Relawan Taman Baca Masyarakat Kok Mencuri Tulisan dan Memasukkannya dalam Buku Tanpa Izin

Gerakan Literasi Sukabumi Relawan Harus Bisa Menulis Sendiri

Menyebarkan Toko Online dan Produk yang Dijual Kan Bisa Gratis

Anda mungkin berpikir bisa menyebarkan barang dengan gratis melalui medsos, seperti facebook, twitter, dan blog. Padahal, seller harus mengeluarkan uang untuk membeli kuota.

Apalagi kalau proses jual beli online harus diperhatikan dari pagi hingga tengah malam. Sabar sis, beli kuota itu enggak murah, apalagi dipakainya sambil lihat youtube dan main game online segala.

Seorang yang melakukan jualan online shop harus berpikir strategi pemasaran yang efektif dalam jualan online yang laris. Jangan sampai sudah beli kuota mahal-mahal barang ya enggak laku-laku. Ada cara efektif biar barang laku dengan membut iklan melalui Facebook Ads dan Iklan google.

Itu pun, penjual harus memperkirakan barang yang dijual memang dibutuhkan dan menarik para custumer. Lah, kalau barang yang dijual tidak menarik mata konsumen, iklan google dan facebook ya percuma saja.

Hal terakhir yang harus dipikirkan adalah produk juga harus dijual secara offline. Jangan ngotot produk bakal laku terjual secara online, padahal bulan demi bulan berlalu tiada penghasilan dari jualan online.

Ini penting sekali dicermati pelaku jualan online untuk pemula. Produk anda bisa dipasarkan melalui pasar, pameran, ataupun event lainnya.

Nah setelah membaca tulisan ini, apakah anda masih berpikir jualan online tanpa modal. Ya, itu jawabannya. Biarlah Anda menjawabnya cukup dalam hati saja.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close