Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Bisnis

Hal-hal yang harus Dihindari Saat Memilih Aplikasi Investasi

Aplikasi investasi memudahkan siapa saja untuk melakukan investasi dalam satu genggaman. Layaknya investasi pada umumnya, ada juga risiko yang perlu diperhatikan. Contohnya risiko suku bunga, masalah inflasi, risiko pasar dan tidak kalah penting adalah salah memilih aplikasi yang abal-abal. 

Sudah cukup banyak oknum yang memanfaatkan fenomena investasi yang semakin digandrungi oleh masyarakat ini. Jika Anda tidak jeli, maka bisa jadi terperangkap jebakan investasi bodong yang ditawarkan. Oleh karena itu lebih baik memilih aplikasi untuk investasi ini secara lebih teliti. 

5 Hal Wajib Dihindari saat Mencari Aplikasi Investasi agar Tidak Merugi 

Semua investor harus paham akan keuntungan dan risiko dari berinvestasi melalui aplikasi. Sistem yang ditawarkan memang sangat mudah dan jenis investasinya pun beragam karena bisa dipilih sesuai dengan profil yang dimiliki. 

Sayangnya kemudahan ini bisa membawa petaka jika Anda tidak dipilih dengan benar. Alih-alih mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu 3 atau 5 tahun ke depan. Uang yang Anda investasikan justru hilang di tangan oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Menghindari dampak tersebut, Anda bisa memperhatikan beberapa hal yang harus dihindari saat memilih aplikasi investasi berikut ini. 

1. Tidak Adanya Izin Resmi pada Aplikasi yang Beroperasi 

Apabila Anda membuka Play Store dengan kata kunci investasi saja, maka akan muncul belasan bahkan puluhan aplikasi. Namun tidak semua aplikasi tersebut memiliki izin resmi untuk beroperasi. 

Hindari untuk menginstal apalagi menggunakan aplikasi investasi yang tidak memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tidak adanya izin resmi ini artinya aplikasi beroperasi tanpa adanya pengawasan dan termasuk ilegal. Keamanan data pribadi Anda dan uang yang diinvestasikan pun tidak akan terjamin. 

2. Adanya Penawaran Keuntungan Sangat Tinggi 

Beberapa investasi memang ada yang memiliki penawaran keuntungan tinggi, namun tetap ada batasannya. Jangan tergiur dulu dengan penawaran keuntungan tersebut karena bisa jadi itu adalah trik untuk menjaring investor. Anda perlu curiga ketika keuntungan yang ditawarkan dalam waktu singkat. 

Biasanya aplikasi investasi terbaik akan menawarkan keuntungan investasi jangka panjang maksimal sekitar 15-20%. Apabila Anda melihat adanya penawaran yang lebih dari angka tersebut maka bisa jadi investasi tersebut bodong. 

Lebih mudahnya Anda bisa membandingkan dengan suku bunga produk bank seperti deposito. Apabila penawarannya dua kali lipat dari suku bunga deposito bahkan lebih tinggi maka sudah pasti itu hanya jebakan. 

3. Anda Diminta untuk Mencari Nasabah Baru 

Layaknya multi level marketing, beberapa aplikasi investasi bodong justru meminta Anda atau investor menjadi nasabah baru. Anda mungkin saja diminta untuk membagikan link untuk menambah keuntungan dari investasi. Apalagi jika Anda berhasil mencari banyak user maka Anda mungkin akan mendapat peringkat tertinggi. 

Hal tersebut bukanlah jenis investasi yang baik dan sebaiknya Anda memutuskan kontak dengan aplikasi tersebut. Link yang disebarkan atau diberikan bisa saja mengandung malware yang merusak privasi Anda nantinya. 

4. Pengelolaan Dana Tidak Transparan Ditambah Macetnya Keuntungan 

Hal selanjutnya yang harus dihindari adalah ketika pengelolaan sumber dana tidak jelas atau tidak transparan. Pada saat Anda mempertanyakan bagaimana proses pengelolaan dana mereka jawabannya pasti tidak jelas. 

Selain itu investasi tersebut tidak lagi menghasilkan keuntungan sesuai yang dijanjikan alias macet. Di awal investasi Anda mungkin masih mendapatkan keuntungan namun pada pembayaran selanjutnya keuntungan berhenti dibayarkan. 

5. Produk Investasi Tidak Jelas 

Semua aplikasi investasi terbaik pasti akan menawarkan produk secara jelas dan terperinci. Misalnya saja untuk investasi Reksadana Anda akan mudah menemukan tipe Reksadana yang tersedia, risiko produknya dan profil lainnya. Berbeda dengan investasi bodong yang produknya saja tidak jelas informasinya. 

Aplikasi digibank by DBS Terbaik dan Terpercaya 

Aplikasi digibank by DBS Terbaik dan Terpercaya. Sumber https://www.freepik.com/free-photo/unrecognizable-man-using-laptop-while-working-from-home-close-up-shot-mature-businessman-looking-laptop-screen-sitting-table-with-tablet-phone-it-digital-device-workplace-concept_26157171.htm#query=Business%20man%20looking%20at%20phone&position=29&from_view=search
Aplikasi digibank by DBS Terbaik dan Terpercaya. Sumber https://www.freepik.com/free-photo/unrecognizable-man-using-laptop-while-working-from-home-close-up-shot-mature-businessman-looking-laptop-screen-sitting-table-with-tablet-phone-it-digital-device-workplace-concept_26157171.htm#query=Business%20man%20looking%20at%20phone&position=29&from_view=search

Banyaknya aplikasi untuk investasi ini tentu akan membuat Anda bingung. Jika ingin mencari yang aman, Aplikasi digibank by DBS akan membantu Anda berinvestasi secara aman. Prosesnya sendiri sangat cepat, aman dan juga terarah sehingga Anda tidak bingung soal produk apalagi memulai investasi. 

Tahapan investasinya bisa dimulai dengan menginstal Aplikasi digibank by DBS di smartphone Anda. Selama menggunakan aplikasi ini, Anda akan menemukan beberapa kelebihan sebagai berikut:

1. Pembukaan Rekening dari Rumah, Tidak ke Bank 

Jika biasanya Anda pergi ke bank untuk membuka rekening harus mengisi dokumen berlembar-lembar, di Aplikasi digibank by DBS Anda tidak lagi akan mengalaminya. Konsep branchless, signatureless dan paperless sudah diterapkan. 

Anda hanya menginstal aplikasinya, mengisi data diri pada formulir yang disediakan dan verifikasi yang juga dilakukan dari smartphone. Membuka rekening dari rumah pun sudah pasti bisa dilakukan. 

2. Hanya Bermodalkan e-KTP dan Face Biometrik untuk Verifikasi 

Sebagai aplikasi investasi terbaik, Anda juga akan dimudahkan dalam hal syarat pembukaan rekening baru yaitu hanya e-KTP saja. Usai mengisi formulir dan menyertakan e-KTP Anda hanya perlu melakukan verifikasi wajah langsung dengan kamera smartphone tentunya proses ini 100% digital. 

3. Transfer dan Tarik Tunai Gratis 

Semua aktivitas transfer maupun tarik tunai juga tidak akan memakan biaya yang memberatkan Anda alias gratis. Syaratnya hanyalah memiliki minimal saldo rata-rata 1 juta rupiah per bulannya. 

Selesai dibuat, rekening yang Anda miliki sudah bisa langsung digunakan. Tidak harus menunggu lama dalam proses verifikasinya apalagi mengantri di bank. Semua aktivitas membuka tabungan dan juga investasi jadi lebih praktis. 

Aplikasi investasi yang ditawarkan digibank by DBS ini bisa Anda akses kapan saja dan dimana saja. Berbekal satu aplikasi Anda sudah bisa tarik tunai di ATM manapun dan juga transfer gratis. Anda tidak perlu memilih ATM karena bisa digunakan pada mesin ATM bank mana saja juga bebas biaya. 

Tidak perlu menunda lagi, Anda bisa langsung menginstal Aplikasi digibank by DBS sekarang juga di smartphone. Aplikasinya tersedia gratis dan Anda bisa langsung membuka rekening dengan mudah!

Artikel menarik lainnya: Cara Memasarkan Bisnis Online Sampai Berhasil

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close