Cara Mencairkan Dana Asuransi AIA Sesuai Prosedur

Cara Mencairkan Dana Asuransi AIA

Kebutuhan akan dana asuransi AIA sangat penting untuk menghadapi risiko yang tidak terduga dalam kehidupan. Seperti Penyakit yang harus dihadapi. Ada berbagai perusahaan asuransi di Indonesia dan salah satunya adalah Asuransi AIA.

AIA adalah perusahaan asuransi jiwa yang berbasis di Hong Kong yang produk asuransinya meliputi penyakit kritis, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. AIA Insurance beroperasi di berbagai negara termasuk Indonesia.

Jika Anda memiliki asuransi AIA dan tidak tahu cara menarik dana asuransi, baca semua petunjuk di bawah ini. KarenaPertanyaan yang sering diajukan adalah bagaimana proses pengajuan klaim ke AIA.

1. Cara Mencairkan Asuransi AIA Harus Pengajuan Dokumen Klaim

Nasabah menyerahkan dokumen klaim melalui Kantor Pusat AIA/AIA Officer/Bancassurance Officer/Customer Service terdekat yang bisa didatangi/ kontak.

2. Melakukan Pemeriksaan Dokumen yang Harus Dilengkapi

Setelah Kantor Pusat AIA menerima dokumen, maka akan diperiksa kembali kelengkapannya. Jika tidak lengkap, pelanggan akan diberitahu melalui SMS dan surat, menunggu hingga 30 hari kerja. Jika pelanggan tidak menyelesaikan dalam waktu 30 hari kerja, maka akan mengembalikan dokumen penagihan melalui Agency Officer/ Bancassurance Officer.

3. Informasi Diberikan Melalui SMS

Dokumen klaim yang telah diisi akan diproses dan pelanggan diberitahukan melalui SMS bahwa formulir klaim telah diterima.

4. Keputusan Klaim Asuransi AIA

Klaim dianalisis lebih lanjut oleh Tim Evaluasi Klaim. Setelah analisis lebih lanjut oleh tim, keputusan klaim akan dibuat untuk mendapatkan dana Asuransi AIA.

5. Pembayaran Klaim Dana Asuransi AIA

Klaim yang disetujui oleh AIA Financial dibayarkan kepada klien setelah tim evaluasi membuat keputusan. AIA Financial akan memberitahu nasabah tentang keputusan klaim dalam bentuk SMS atau surat.

6. Penerimaan Klaim Nasabah

Nasabah menerima pembayaran untuk klaim. Klaim yang diajukan berdasarkan informasi data, dokumen yang lengkap dan jelas akan diproses dalam waktu 8 hari kerja untuk klaim kesehatan dan 11 hari kerja untuk kematian.

Cara Membeli Asuransi AIA

Bagi Anda yang ingin memiliki asuransi AIA, perhatikan syarat mendapatkan dana Asuransi AIA

  1. Berusia di atas 18 tahun atau sudah menikah
  2. Warga Negara berkebangsaan Indonesia
  3. Kumpulkan dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Permohonan Asuransi, dan dokumen lain yang diperlukan
  4. Pembayaran premi pertama asuransi

Jika semua syarat terpenuhi, nasabah dapat mengajukan permohonan asuransi dengan menghubungi agen asuransi AIA atau datang langsung ke kantor pusat AIA. Namun, untuk mempermudah proses aplikasi, harap pastikan bahwa semua persyaratan terpenuhi.

Cara membeli asuransi AIA yang harus Anda ketahui:

  1. Hubungi agen asuransi AIA untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk asuransi yang ditawarkan.
  2. Kunjungi kantor pusat atau cabang AIA Insurance secara langsung untuk menanyakan produk asuransi.
  3. Setelah menentukan jenis asuransi dan kontrak (perjanjian), isi formulir dengan data yang benar dan valid serta lampirkan dokumen tambahan.
  4. Pihak dari asuransi menganalisis dan memverifikasi data dan kalau permohonan disetujui, polis akan dikirimkan kepada calon nasabah untuk ditinjau.
  5. Setelah menyepakati isi polis, nasabah menandatangani polis.
  6. Nasabah membayar premi awal yang telah disepakati. Setelah itu, Anda membayar premi bulanan atau tahunan, mana saja yang diinginkan.

Artikel menarik lainnya: Perbedaan Indihome dan Speedy Paket Internet dari Telkom

Cara Bayar Premi Dana Asuransi AIA

Di bawah ini terdapat beberapa metode pembayaran berikut:

  1. Penarikan autodebet dari rekening pribadi bank yang ditunjuk AIA
  2. Autodebet dari kartu kredit atau kartu BCA
  3. ATM BCA, ATM CIMB Niaga, ATM BII
  4. Setor atau transfer uang tunai ke akun AIA

Demikian informasi mengenai Cara Mencairkan Dana Asuransi AIA Sesuai Prosedur. Begitu pula tentang cara membeli dan membayar premi  serta langkah-langkahnya.

Artikel menarik lainnya: Perhatikan, Ini Hal yang Tidak Ditanggung Asuransi Mobil All Risk

One thought on “Cara Mencairkan Dana Asuransi AIA Sesuai Prosedur

Leave a Reply

Your email address will not be published.