Bisnis

Cara Kredit Motor di Pegadaian Persyaratan dan Simulasi Pembelian

Cara Kredit Motor di Pegadaian Persyaratan dan Simulasi Pembelian. Kredit sepeda motor Pegadaian memiliki cara mencicil seperti leasing. Perbedaannya, ada beberapa keuntungan yang tersedia saat Anda memilih paket berbagi sepeda motor militer. Selain itu, mencicil motor Pegadaian juga disebut memiliki DP yang terjangkau yakni 10% dari total harga.

Selain itu, bagi Anda yang cicil motor melalui Pegadaian juga bisa memilih jangka waktu mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan hingga 36 bulan. Untuk produk suku cadang sepeda motor Pegadaian disebut Program Pembiayaan Amanah.

Kredit sepeda motor Pegadaian merupakan solusi untuk mendapatkan alat transportasi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Bagi Anda yang ingin mengupgrade kendaraan namun terkendala biaya, solusi terbaik adalah secara cicilin. Berikut Syarat yang ditawarkan dari Pegadaian.

Syarat Kredit Motor di Pegadaian

Ketahui persyaratan paling penting untuk mengajukan tarif kendaraan agar permohonan dapat segera disetujui.

1. Usia minimal 21 tahun

Batas usia minimal 21 tahun. Krena dianggap sudah mampu tanggungjawab untuk memenuhi untuk membayar cicilan.

2. Status Karyawan atau Pegawai Tetap

Orang yang mengajuan kredit sudah bekerja tetap atau sudah bekerja minimal 2 tahun dan memiliki surat rekomendasi dari atasan.

3. Mempunyai Usaha Sendiri

Jika bukan karyawan perusahaan, Pengaju kredit harus sudah terlibat dalam bisnis reguler atau berkelanjutan. Karena harus memegang izin usaha resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang memiliki kewenangan.

 4. Mempunyai Tempat Tinggal Sendiri

Persyaratan tempat tinggal menjadi sesuatu yang penting. Hal ini akan memudahkan Pegadaian untuk memproses pengajuan pinjaman dan juga mencegah potensi gagal bayar di masa mendatang.

Prosedur Kredit Motor di Pegadaian

Setelah syarat sudah terpenuhi, orang yang mengajukan pinjaman gadai untuk pembayaran sebagian kendaraan. Prosedurnya adalah sebagai berikut;

1. Harus Melengkapi Dokumen

Dokumen-dokumen berikut harus harus disediakan sebagai syarat utama:

  1. Fotokopi identitas KTP
  2. Fotokopi kartu keluarga
  3. Bukti Slip Gaji 2 bulan terakhir
  4. Fotokopi surat keputusan pengangakatan pekerja
  5. Surat rekomendasi dari atasan langsung

2. Mengisi Formulir yang Disediakan

Mengisi formulir pendaftaran cicil kendaraan yang akan disiapkan oleh petugas Pegadaian setempat dengan benar.

3. Membayar DP Sesuai yang Ditentukan DP 10 % untuk Motor

DP yang diberikan cukup terjangkau, yaitu hanya 10% DP motor dan 20% DP mobil. Anda dapat melihat tabel angsuran di pegadaian. Tips untuk memilih jangka waktu kredit atau jangka waktu pinjaman yang tidak terlalu lama.

Karena dapat menurunkan bunga bulanan. Kemudian perhatikan tanggal jatuh tempo untuk menghindari biaya keterlambatan dan jangan lupa untuk mengasuransikan kendaraan agar selalu aman.

Apa Kelebihan dan Manfaat Kredit Motor di Pegadaian?

Apabila sudah memenuhi syarat sebagai calon kreditur sepeda motor, sebenarnya memiliki beberapa keuntungan lain yang juga bisa didapatkan dengan memilih pegadaian sebagai tempat untuk meminta tarif kendaraan Anda.

Beberapa keuntungan yang ditawarkan Pegadaian saat mengajukan kredit mobil antara lain:

  1. Pegadaian mengklaim biaya administrasi yang lebih murah dan tariff cicilan flat.
  2. Uang muka pinjaman melalui pegadaian juga cukup murah yaitu 10%.
  3. Periode pembiayaan yang berbeda dari 12 bulan hingga 60 bulan.
  4. Proses pengajuan juga cukup cepat dan mudah setelah Anda melengkapi semua persyaratan.
  5. Apabila memilih kredit motor dari pinjaman gadai syariah, hal ini tentunya sesuai dengan ajaran Islam dan dijamin aman, adil dan terpercaya.
  6. Program Pegadaian cicilan motor terdapat di berbagai daerah. Sehingga bisa memilih lokasi yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda.

Artikel menarik lainnya: Wujudkan Rumah Modern dengan 7 Teknologi Canggih Ini

Simulasi cicilan kredit motor di Pegadaian

Beragam keuntungan yang ditawarkan kepada mnarik minat untuk membayar cicilan motor di pegadaian. Oleh karena itu, berikut adalah simulasi suku cadang sepeda motor dari Pegadaian yang bisa menjadi referensi.

  • DP 10% dari total harga sepeda motor yang diinginkan.
  • Harga motor Rp 16.200.000
  • Waktu tenor cicilan 12 bulan
  • Biaya administrasi dan asuransi Rp 146.000/bulan
  • Pembayaran angsuran bulanan sebesar Rp 1.361.000

Dari simulasi di atas, pengaju cicilan dapat memperkirakan bahwa pembayaran yang akan ditagih secara cicilan per bulan adalah Rp 1.361.000. Ini berarti harus memastikan bahwa pengeluaran Anda tidak melebihi 30% dari total pendapatan.

Dengan demikian perencanaan keuangan sesuai kemampuan dan tidak masalah membayar sesuatu (utang). Hal yang bermanfaat atau sering disebut utang produktif, bukan utang konsumtif.

Asalkan motor tersebut bisa mendatangkan uang, misalnya digunakan untuk transportasi ke tempat kerja, disewakan atau mungkin menjadi ojek online, tidak menjadi masalah. Anda dapat menyesuaikan durasi tenor dengan kondisi keuangan.

Begitulah artikel Cara Kredit Motor di Pegadaian Persyaratan dan Simulasi Pembelian. Jangan memaksakan diri untuk mengambil tenor kecil, tapi buatlah keuangan tetap aman setiap bulan.

Artikel menarik lainnya: Harga Voucher Google Play di Alfamart dan Manfaatnya

2 thoughts on “Cara Kredit Motor di Pegadaian Persyaratan dan Simulasi Pembelian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *