Sun. Apr 14th, 2024
    Robert Baden Powell Bapak Pramuka Dunia. Foto https://jatenglive.com/Robert Baden Powell Bapak Pramuka Dunia. Foto https://jatenglive.com/

    Sejarah pendidikan pramuka tidak dapat dilepaskan dari riwayat hidup pendiri gerakan kepramukaan dunia Lord Robert Baden Powell of Gilwell. Karena dari pengalaman belau yang membuat adanya pembinaan remaja di negara Inggris.

    Pembinaan remaja tesebut yang akhirnya berkembang menjadi gerakan kepramukaan. Beliau dilahirkan tanggal 22 Pebruari 1857 dengan nama Robert Stephenson Smyth. Ayahnya bernama powell  adalahseorang Professor Geometry di Universitas Oxford dan telah meninggal saat Stephenson masih kecil. Lalu bagaimana sepak terjang Powell di dunia kepramukaan?

    Bapak Pandu Pramuka Dunia Baden Powell

    Pengalaman Baden Powell yang terlibat memiliki dampak pada aktivitas kepramukaan, disebabkan beberapa hal antara lain:

    1. Disebabkan Powell ditinggal bapak semenjak kecil, hidupnya sangat dipengaruhi pembinaan watak ibunya.
    2. Dari kakaknya, ia memperoleh pelatihan keterampilan berlayar,  berenang,  berkemah,  olah  raga  dan lain‐lainnya.
    3. Sifat Baden Powell yang cerdas, selalu bergembira, menyenangi musik, bersandiwara, berolah raga,
    4. mengarang dan menggambar membuatnya disukai kawan-kawannya.
    5. Pengalaman di India sebagai asisten Letnan pada Resimen 13 Kavaleri dengan mengikuti jejak kuda yang pernah hilang di puncak gunung.
    6. Pernah terkepung bangsa Boer di kota Mafeking, Afrika Selatan sekitar 127 hari dan mengalami kekurangan makan.
    7. Pengalaman menaklukkan Kerajaan Zulu di Afrika dan berhasil mengambil kalung manik kayu milik Raja Dinizulu.

    Pengalaman tersebut dicatatkan dalam buku “Aids To Scouting” sebagai pedoman bagi Tentara muda Inggris supaya bisa menjalankan tugas penyelidikan dengan baik.

    Tahun 1910, Powell pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Pada tahun 1912, beliau menikahi Ovale St. Clair Soames dan mempunyai 3 orang buah hati. Beliau diberikan titel Lord dari Raja George pada tahun 1929 dan akhirnya meninggal tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.

    Sejarah Cikal Bakal Pramuka Dunia

    Pada awal tahun 1908, Baden Powell mencatatkan pengalamannya untuk acara latihan kepramukaan. Kumpulan artikelnya disatukan dalam buku dengan judul “Scouting For Boys”. Bukunya tersebar di Inggris dan negara-negara lain.

    Lalu, berdiri organisasi kepramukaan yang semula untuk laki-laki dengan nama Boys Scout. Selanjutnya, Tahun 1912 atas bantuan adik perempuannya bernama Agnes didirikan organisasi kepramukaan untuk wanita dengan nama Girl Guides yang kemudian diteruskan oleh istrinya.

    Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka dengan umur siaga yang namanya CUB (anak serigala) dan buku The Jungle Book karangan Rudyard Kipling sebagai panduan kegiatannya. Buku Tersebut bercerita tentang Mowgli si kecil rimba yang dipelihara di hutan oleh induk serigala.

    Pada tahun 1918 beliau membuat Rover Scout bagi remaja berusia 17 tahun. Selanjutnya, tahun 1922, beliau menerbitkan buku Rovering To Success. Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dengan peserta 8000 anggota.  Pada kegiatan tersebut, Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pramuka yang disematkan sampai akhir hayatnya.

    Artikel menarik lainnya: Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar Sukabumi dan Kehidupan yang Mengikuti Perintah Para Leluhur

     

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *