Baca Buku

Keterbatasan Donasi Buku untuk Taman Baca di Sukabumi dan Perjuangan Sabumi Volunteer

Permohonan buku untuk Taman Baca di Sukabumi kepada para relawan saat ini sangat tinggi, sedangkan donasi yang masuk diterima sangat terbatas. Oleh karena itu, para relawan semua memutar otak untuk berjuang dan berfikir lebih keras dalam proses pengumpulan buku-buku untuk anak-anak di pelosok Sukabumi. Upaya meminta donasi dari kenalan, sahabat, dan kerabat tampaknya tidak cukup mampu mencukupi ketersediaan buku.

Untuk itu, ketika melaksanakan aksi penggalangan buku para relawan harus selalu berinovasi dalam menerapkan berbagai macam strategi. Tidak mudah mengetuk hati donatur, agar mau memberi sumbangan buku kepada relawan Sabumi Volunteer. Bahkan, donasi buku yang masuk tidak sesuai dengan kebutuhan buku pokok yang kami butuhkan. Kami sering menerima buku untuk orang dewasa, Sementara, buku bacaan anak-anak masih minim sekali. Padahal donasi buku menargetkan mampu mengumpulkan buku anak-anak sebagai sasaran prioritas utama dalam perjuangan kami para Relawan Sabumi Volunteer.

Donasi Taman Baca Di Sukabumi Sebagai Sarana Penyediaan Akses Buku untuk Anak Pelosok

Kami tidak akan bosan untuk mengatakan, pendirian taman baca di Sukabumi sebagai cara membuka akses ketersediaan buku bagi anak-anak pelosok. Masyarakat yang kampungnya terdapat jauh di pedalaman tidak memiliki buku yang berkualitas bagi anak-anaknya. Bahkan, mungkin tidak terpikirkan bagi mereka. Alasannya untuk berpergian ke pusat keramaian atau ke kota tidak mudah. Selain mengeluarkan biaya, akses jalan juga tidak mudah dilewati, apalagi memasuki musim hujan. Jalan menjadi becek dan licin.

Buku yang tersedia lewat pendirian taman baca sebagai cara untuk menciptakan generasi bangsa yang berprestasi di masa depan. Anak-anak tersebut dapat berguna bagi nusa dan bangsa, ketika sumber pengetahuan didekatkan kepada mereka. Salah satunya mendekatkan pengetahuan tersebut dengan menghadirkan buku bacaan bermutu yang mungkin tidak diperoleh melalui pelajaran sekolah. Jika ada taman baca masyarakat yang letaknya di tempat tinggal mereka, mereka dapat membaca buku setiap waktu diluar jam sekolah.

Maka kami berinisiatif untuk turun tangan dan turut andil dalam mendukung segala bentuk program yang mendukung dunia literasi dalam bidang pendidikan. Apalagi kalau ada pihak-pihak perorangan ataupun lembaga yang mau membantu mendistribusikan buku ke pelosok Sukabumi.

Ketahuilah kawan, taman baca di Sukabumi sangat dibutuhkan, karena bisa menciptakan ruang membaca yang dekat dan praktis bagi anak-anak di kampung. Bagi mereka yang mungkin jarang sekali pergi ke kota. Jangan berharap pula anak-anak bisa mengunjungi perpustakaan daerah yang jauh dari tempat tinggal mereka. Maka, bantulah Sabumi Volunteer menyediakan buku bagi anak-anak pelosok Sukabumi.

Berhasil Mendirikan lebih dari 20 Taman Baca di Sukabumi Meski Stok Buku Terbatas

Meski harus diakui stok buku sangat terbatas, namun bagi kami bukan halangan untuk terus mendirikan taman baca sampai ke daerah pelosok. Buktinya relawan Sabumi Volunteer sudah berhasil mendirikan lebih 20 taman baca masyarakat. Kami tetap meyakini semua perjuangan takkan sia-sia dalam membantu anak-anak membangun mimpi. Cita-cita mereka harus setinggi langi, meski tinggal di tempat terjadih dari pusat keramaian. Kami akan terus bergerak, Sabumi Volunteer akan terus berbuat dan berjuang.karena kami peduli dan yakin bahwa, “Generasi anak-anak sekarang adalah calon pemimpin di masa yang akan datang”.

Salam dari Ipong Sabumi

Info Tentang Sabumi Bisa dilihat di link Berikut ini : Hubungi Sabumi

Baca juga : YAKINKAH ANDA MENGAJAK ANAK MENONTON SIRKUS BINATANG?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *