Fri. May 17th, 2024
    Hari Ulang Tahun Jakarta. Sumber https://www.arrivalguides.com/Hari Ulang Tahun Jakarta. Sumber https://www.arrivalguides.com/

    Hari Ulang Tahun Jakarta dirayakan setiap tanggal 22 Juni. Tahun ini bertepatan HUT Jakarta 494 di tengah pandemi Covid-19 yang sedang naik angka penularannya. Kota yang sangat penting keberadaannya dan menjadi wilayah terpadat se-Indonesia saat ini.

    Kota yang juga memiliki peran bukan hanya sebagai ibukota, namun juga sebagai pemersatu sebagai entitas kewilayahan negara. Lalu bagaimana perkembangan sejarah Jakarta dari Masa Kolonial Hingga Kemerdekaan?

    Mengingat Hari Ulang Tahun Jakarta ke 494 Tanpa Melupakan Sejarah Perkembangannya

    Wilayah Kota Jakarta tertua adalah bagian utara pantai barat Jawa di dekat sungai Ciliwung yang airnya teluk-teluk di Jakarta. Dari Kota Pelabuhan yang bernama Sunda Kelapa, namanya berubah menjadi Jayakarta setelah direbut oleh Pangeran Fatahillah pada 22 Juni 1527.

    Sekaligus berhasil menganti kekuasaan Portugis pada masa itu. Tanggal yang pada akhirnya ditetapkan sebagai tanggal berdirinya kota Jakarta. Pelabuhan yang menjadi pusat perniagaan yang sangat ramai dari Cina, Arab, hingga Eropa. Orang Barat yang datang ke tempat ini menyebut dengan nama ‘Jacatra’.

    Pada Tahun 1619, Jan Pieterszoon Coen menyerbu Kerajaan Banten dan menghancurkan Jayakarta degan membawa 1000 pasukan. Hal itu embuat terjadinya kesepakatan De Heeren Zeventien (Dewan 17) dari VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie), dan mengubah nama Jayakarta menjadi ‘Batavia’ pada 4 Maret 1621. Nama dari etnis Jermanik di Sungai Rhein nenek moyang bangsa Belanda dan Jerman, ‘Bataf’.

    Dibawah kekuasaan Belanda, Kota Batavia menjadi kota besar dan penting yang dibangun dengan gaya seperti benteng dan kanal belanda. Sekaligus menjadi ibu kota Hindia Belanda dan dikenal sebagai Ratu Timur. Pekerja yang membangun kota didatangkan dari Bali, Sulawesi, Maluku, Tiongkok, dan pesisir Malabar India.

    Tahun 1740, pemberontakan dilakukan pemukim Cina melawan Belanda dan mengakibatkan terjadi pembantaian sekitar 5000-an pemukim Cina. Banyak dari mereka yang lari ke luar Batavia.

    Jakarta Dibawah Kekuasaan Inggris

    Perkembangan selanjutnya pada tahun 1795, Belanda diserang dan diduduki oleh Prancis, hingga menjadi negara satelit 17 Maret 1798. Tetapi pada 26 Agustus 1811, sebuah ekspedisi Inggris berhasil merebut Batavia dan dipimpin secara administrasi oleh Sir Stamford Raffles (pada tahun 1811-1816). Tahun 1815, kesepakatan di Kongres Wina Inggris harus menyerahkan kembali kota ini ke pemerintah Belanda.

    Pada tahun 1905, dibentuk dua kotapraja (gementee) yaitu Batavia dan Mesteer Cornelis (Jatinagera) , hingga tahun 1935 menyatu menjadi wilayah Jakarta Raya.

    Setelah terjadinya perubahan kekuasaan kepada Jepang pada tahun 1942 dan kebijakan de-Nederlandisasi nama Batavia diganti menjadi ‘Djakarta’.   Satu catatan sejarah menyebutkan nama itu diganti ketika perayaan Hari Perang Asia Timur Raya pada 8 Desember 1942.

    Hari Ulang Tahun Jakarta: Sejarah Setelah Era Kemerdekaan Indonesia

    Memasuki era kemerdekaan Indonesia sebelum Tahun 1959, Jakarta masih menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Namun pada sata itu, Menteri Penerangan RIS (Republik Indonesia Serikat) Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu, menyebutkan bahwa sejak 30 Desember 1949, kota itu tidak disebut Batavia. Melainkan Jakarta sebagai nama Ibu Kota Republik Indonesia.

    Nama Jakarta kembali ditegaskan pada pada 22 Juni 1956 oleh Walikota Jakarta Sudiro (1953-1960). Selanjutnya,pada 1959, Jakarta diubah statusnya dari kota praja yang dipimpin walikota menjadi Daerah Tingkat Satu dibawah kepemimpinan gubernur.

    Gubernur pertama Jakarta adalah Soemarno Sosroatmodjo dan  status Jakarta berubah kembali menjadi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) pada tahun 1961. Nama yang disematkan hingga saat ini.

    Demikian sejarah singkat Jakarta yang berulang tahun tanggal 22 Juni 2022 ke 494. Dari kota perniagaan tersibuk di Sunda Kelapa dan perannya menjadi sangat penting sebagai pusat perekonomian di Indonesia. Selamat HUT Kota Jakarta.

    Artikel menarik lainnya: Sejarah Sukabumi yang Harus Diceritakan Kepada Anak Cucu

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *