Baca Buku

Doa Qunut Subuh Tulisan Latin dan Artinya

Doa qunut subuh adalah bacaan doa yang biasa dilafazkan ketika melakukan salat subuh. Tidak semua umat Islam membaca doa qunut, karena perbedaan mazhab dalam beragama dan  biasanya dilakukan pada rakaat terakhir salat subuh setelah itidal.

Dari sebagian ulama memiliki pendapat, doa qunut subuh memiliki hukum sunah. Hal itu berdasarkan riwayat Anas Ibn Malik RA. Beliau berkata bahwa Rasulullah SAW sering membacakan qunut saat melaksanakan salat Subuh.

Mengikuti madzhab Syafii, doa qunut subuh dinyatakan memiliki hukum sunnah ab’ad. Maksudnya Bacaan doa qunut dianjurkan untuk diucapkan dalam shalat shubuh. Jika lupa melaksanakannya, maka diganti melaksanakan sujud syahwi.

Bacaan Doa Qunut Subuh Huruf Latin Beserta Artinya

Berikut bacaan doa qunut yang dibacakan dalam salat sbuh:

“Allahumma dini fi man hadait, wa ‘afini fiman ‘afait. Wa tawallani fi man tawallait, wa barik li fi ma a’thait. Wa qini bi rahmatika syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik. Wa innahu la yazillu man wa lait, wa la ya’izzu man ‘adait. Tabarakta rabbana wa ta’alait, fa lakal hamdu a’la ma qadhait. Wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam.”

Artinya Doa Qunut Subuh di Atas:

“Ya Allah beri petunjuk aku sebagaimana mereka orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku seperti orang-orang yang telah Engkau berikan kesehatan. Jagalah aku seperti orang-orang yangsudah kau lindungi. Tolong berilah keberkahan kepadaku atas apa yang sudah kau berikan. Selamatkan aku dengan kasihmu dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan.

Kau yang memberi hukuma dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang kau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang kau musuhi. Maha Suci kau ya Tuhan kami dan Maha Tinggi. Bagi-Mu segala bentuk pujian di atas semua yang Engkau tentukan. Aku meminta permohonan ampun kepada-Mu dan taubat kepadaMu. Semoga Allah memberi curahan rahmat dan karunia dari junjungan Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabat.”

Doa Qunut Subuh yang dibacakan oleh Imam

Sebagai informasi, doa qunut tersebut dilapazkan ketika melakukan salat sendiri. Apabila menjadi imam, maka harus dilakuan beberapa perubahan, yaitu menyesuaikan pada dlamir (kata ganti orang) yang sebelumnya tunggal diubah menjadi bentuk jamak.

Berikut adalah bacaan doa qunut arab dalam bahasa latin yang biasa dibaca imam ketika menjalankan ibadah salat subuh atau salat witir berikut artinya:

“Allahumma dina fi man hadait, wa ’afinaa fi man ‘afait, wa tawallanaa fi man tawallaiit. Wa baariklana fi maa a’thait, wa qinaa birahmatika syarra maa qadhait. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdha ‘alaik. Wa innahu la yadzilu man walait. Wa la ya’izzu man ‘adait, taba rakta rabbana wa ta’aalait. Fa lakal hamdu ‘ala ma qadhait. Nastaghfiruka wa natuubu ilaik. Wa shallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi, wa’alaa aalihi washahbihi wasallam.”

Arti Doa Qunut Subuh untuk Imam

“Ya Allah tolong beri petunjuk seperti mereka yang telah kau beri petunjuk. Berilah nikmat kesehatan kepada kami seperti mereka yang telah kau berikan kesehatan. Maka jagalah kami seperti orang-orang yang sudah kau lindungi. Berikan keberkahan untuk kami atas apa yang telah kau berikan. Tolong selamatkan kami dengan kasihmu dari bahaya kejahatan yang sudah kau tentukan.

Kau yang menghukum dan bukan untuk dihukum. Tidak menjadi hina orang yang kau jadikan pemimpin. Selain itu, tidak mulia dari orang yang kau akan musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi kau. Segala puji bagi-Mu terhadap apa yang telah kau putuskan. Kami meminta ampun kepada-Mu dan memohon taubat kepada-Mu. Semoga Allah memberi cucurahan rahmat dan karunia kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.”

Demikian artikel mengenai doa Qunut Subuh Tulisan Latin dan Artinya. Semoga bisa dijalankan dan menjadi amalan baik bagi yang menjalankannya.

Artikel menarik lainnya: Waktu Mustajab Untuk Berdoa Menurut Nabi Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *