Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Baca Buku

Cara Menemukan Ide Pokok dalam Paragraf Beserta Contoh yang Perlu Dipelajari

Cara menemukan ide pokok atau gagasan utama dalam paragraf sering menjadi pertanyaan yang muncul dalam ujian sekolah. Siswa diminta untuk menentukan ide pokok, ringkasan isi bacaan, hingga menemukan fakta dan opini di dalamnya. Untuk bisa menentukannya, diperlukan proses membaca untuk dapat mengerti inti dan maksud dari tulisan.

Ide pokok disebut juga pokok pikiran utama menjadi cara untuk mengetahui apa isi sebuah tulisan. Sehingga pembaca dapat mengerti apa yang sedang dibicarakan pada sebuah paragraf. Lalu Apa yang dimaksud dengan ide pokok?

Penjelasan Mengenai Arti Ide Pokok dan Paragraf

Pengertian Ide Pokok

Ide pokok adalah bagian penting yang berguna untuk tahu isi ide dalam tulisan. Pembaca dapat menarik kesimpulan sebagai dasar yang digunakan untuk pengembangan sebuah paragraf. Penulis menyampaikan ide tulisan dalam sebuah pokok bahasan di dalam paragraf.

Ide pokok yang merupakan inti informasi yang ingin diungkapkan kepada pembaca. Selain itu, digunakan oleh penulis untuk mengembangkan sebuah alur cerita dalam tulisan. Fungsinya sebagai topik pembahasan.

Pengertian Paragraf

Paragraf adalah bagian dari sebuah karangan atau tulisan yang ditulis dari garis atau alinea baru. Bagian paragraf fungsinya agar para pembaca mudah mengerti informasi sebuah tulisan, dengan topik satu dengan lainnya dipisahkan. Satu paragraf biasanya cuma bisa memiliki satu ide pokok saja.

Dalam sebuah paragraf mempunyai satu ide pokok dan beberapa kalimat penjelas yang fungsinya menjelaskan topik yang dituliskan. Ide pokok dan kalimat penjelas harus memiliki hubungan agar informasi yang bisa dijelaskan dengan baik.

Selain itu, ide pokok dan kalimat penjelas yang berkorelasi atau saling berhubungan sebagai konsep utama yang ingin disampaikan penulis kepada pembacanya. Adapun istilah lain untuk menyebut ide pokok adalah gagasan utama yang menjadi landasan sebuah paragraf. Penempatannya bisa di awal atau di akhir paragraf

Nah, jika dilihat dari letak kalimat utama, paragraf dapat dibedakan menjadi empat jenis:

  1. Paragraf Deduktif. Mempunyai kalimat utama yang diletakkan pada awal paragraf dengan ditambah kalimat penjelas. Pola pengembangan penjelasan kalimat adalah umum ke khusus. Cara menemukan kalimat utama dalam paragraf deduktif adalah melihat kalimat kedua. Apabila terjadi pengulangan kata, frasa, klausa, kata rujukan, maka kalimat utamanya itu ada di awal.
  2. Paragraf Induktif. Mempunyai kalimat utama yang ditempatkan di akhir paragraf dan diawali kalimat-kalimat penjelas. Cara pengembangan Kalimatnya adalah khusus ke umum. Untuk menentukan kalimat utamanya lihat pada bagian akhir kalimat yang biasanya seperti menyimpulkan dengan menggunakan kata, seperti karena itu, jadi dan demikian. Hal itu sebagai petunjuk bahwa kalimat utamanya terdapat di akhir.
  3. Paragraf Campuran. Menggunakan kalimat utama di awal dan akhir paragraf dengan pula pengembangan campuran adalah umum-khusus-umum. Untuk menemukan kalimat utamanya, perhatikan kalimat pertama dan terakhir. Apabila mempunyai persoalan umum yang sama, maka bisa ditemukan kalimat utama ada di awal dan akhir paragraf.
  4. Paragraf Ineratif. Mempunyai kalimat utama yang ditempatkan di tengah paragraf. Paragraf ineratif dikembangkan dengan pola khusus-umum-khusus. Untuk menentukan kalimat utama, perhatikan kalimat tengah.

Bagaimana Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf

Cara menemukan ide pokok dalam paragraf didukung dengan harus membaca secara teliti, agar mengerti isi bacaaan. Selain itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menemukan ide pokok, antara lain:

  • Membaca paragraf secara cepat dan teliti untuk menentukan rumusan gagasan utama.
  • Membaca kalimat per kalimat, hingga bisa menentukan ide pokok dalam paragraf.
  • Setelah ditentukan gagasan pokok, lalu baca cepat paragraf berikutnya dan baca juga bagian sub judul. Lalu kaitkan dengan ide pokok pikiran.
  • Bikin rumusan kalimat sesuai ide pokok tersebut.
  • Lihat ide pokok yang terdapat pernyataan umum yang cakupannya luas. Berbeda dengan gagasan pendukung yang lebih sempit cakupannya.
  • Tulislah gagasan utama setiap paragraf dalam sebuah catatan agar mudah untuk mengerti paragraf secara runtut dan logis.

Demikian cara mengetahui langkah-langkah menemukan ide pokok dalam paragraf. Untuk memudahkan penemukan gagasan dalam paragraf, harus lebih banyak dalam membaca.

Contoh Cara Menumukan Ide Pokok Dalam Paragraf

Banjir telah menjadi sesuatu yang biasa di Kota Jakarta yang terjadi disebabkan oleh banyak faktor. Pertama, saluran air tidak berfungsi dengan baik. Kedua, pendangkalan sungai dan kesulitan proses normalisasi sungai. Ketiga, rasa peduli yang kurang dari warga dan para pengusaha terhadap lingkungan dengan budaya mereka membuang sampah dan limbah di sungai.

Terakhir, pembangunan gedung, jalan, dan bangunan lainnya telah telah dilakukan membuat tanah susah menyerap air. Selain itu, pohon-pohon hijau juga menjadi berkurang dan membuat keseimbangan alam terganggu sehingga menjadi banjir.

Berikut Ide Pokok Dalam Paragraf di Atas.

  • Ide Pokok : Penyebab yang menjadi masalah banjir di Ibukota.
  • Kalimat Utama : Banjir telah menjadi sesuatu yang biasa di Kota Jakarta yang terjadi disebabkan oleh banyak faktor.
  • Kalimat Penjelas : Pertama, saluran sungai tidak berfungsi dengan baik. Kedua, pendangkalan sungai dan proses normalisasi sungai yang sulit. Ketiga, warga dan para pengusaha kurang peduli terhadap lingkungan dengan budaya mereka membuang sampah dan limbah di sungai.

Proses membaca buku adalah salah satu jenis keterampilan yang harus dikuasai, agar memiliki kemampuan menyerap informasi dan ilmu pengetahuan dengan baik. Kegiatan membaca dapat membuat seseorang untuk memahami isi bacaan. Dengan begitu, akhirnya bisa memahami isi pokok bacaan setelah membaca tulisan.

Demikian penjelasan Cara Menemukan Ide Pokok dalam Paragraf Beserta Contoh yang Perlu Dipelajari. Setelah membaca artikel ini bisa lebih dipahami cara menentukan ide pokok dan perlu dilatih dengan semakin rajin membaca.

Artikel menarik lainnya: Aplikasi Ipusnas Online Cara Membaca Buku Secara Gratis

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close