Onthel Pustaka Sukabumi On The Road Literasi Melapak Buku dengan Sepeda Tua

onthel pustaka sukabumi

Sabumi volunteer terus berupaya mencari cara untuk mendekatkan buku kepada anak-anak, salah satunya dengan Onthel Pustaka Sukabumi.

Onthel Pustaka Sukabumi kependekan dari On The Road Literasi. Kegiatannya berupa melapak buku bacaan yang diangkut dengan sepeda tua nan bersejarah. Sepeda itu dikenal juga sepeda onthel. Memasuki tahun 2019 ini, relawan Sabumi Volunteer ingin berbenah sembari terus menggaungkan pergerakan literasi Sukabumi

“Tidak ada kata berhenti untuk membangun minat baca,” kata sang penggerak Onthel Pustaka yang dikenal juga dengan nama alias “Topi Rimba Usang”. Sesosok penggerak literasi yang selalu memakai topi rimba di kepalanya.

Dia tampaknya tidak cukup puas dengan hanya mendirikan Rumah Baca Hijau di lingkungan tempat tinggalnya. Karena justru anak-anak yang ada di luar sana banyak juga yang kurang suka membaca. Maka dihadirkanlah gerakan literasi Sukabumi dengan Onthel Pustaka.

Onthel Pustaka Sukabumi Menelusuri Taman Kota Atau Ruang Publik untuk Meningkatkan Minat Baca

Lapak Sepeda Onthel Pustaka yang di Jalankan Oleh Rumah Baca Hijau Sukabumi
Lapak Sepeda Onthel Pustaka yang di Jalankan Oleh Topi Rimba Usang. Foto: Sabumi Volunteer.

Sang penggerak Onthel Pustaka Sukabumi yang doyan bersepeda ini tidak mau kehabisan akal untuk membuat kegiatan literasi yang bermanfaat bagi anak-anak. Selagi ngagoes sepeda dia melihat kalau ruang public seperti taman kota Sukabumi justru hanya jadi arena pacaran dan berkumpul muda-mudi semata.

Disamping itu, anak-anak usia sekolah juga bermain di sana. “Anak-anak itu pasti mau membaca buku,” katanya hakkul yakin. Lalu, dia membawa buku sambil ngagoes ke taman Kota Sukabumi. Dia hamparkan buku di Taman Kota Cisaat.

Dia ajak anak-anak bercerita sembari membiarkan mereka memegang buku yang diletakkan di tepi taman. Alhasil, anak-anak membaca buku yang mereka sukai. Tidak pernah memaksa anak-anak untuk membaca buku tertentu. Pokoknya, anak-anak dibebaskan memilih bacan. Buku yang dibawa memang untuk anak-anak usia sekolah.

Topi Rimba Usang yang bergiat dengan komunitas literasi Sukabumi Sabumi Volunteer merasa senang dengan apa yang dia lakukan. Dia berpikir taman-taman kota seharusnya disediakan fasilitas perpustakaan mini. Agar anak-anak tidak sekedar bermain atau malah berpacaran. Anak belum cukup umur malah memadu kasih di taman kota.

Sabumi Volunteer Terus  Berkegiatan Demi Membangun Minat Baca Anak-Anak di Sukabumi

Gerakan Ontel Pustaka Sukabumi menjadi salah satu senjata untuk terus berbuat, bergerak, dan bermanfaat membangun minat baca anak-anak. Sabumi Volunteer terus mendorong para relawan untuk berkreasi dalam membuat kegiatan literasi di Sukabumi.

Selain membuat Gerakan literasi Sukabumi dengan membangun Rumah Baca/ Taman Baca Masyarakat, perlu ada inovasi untuk mendekatkan buku kepada anak-anak.

Sehingga, Ontel Pustaka Sukabumi diupayakan menjadi salah satu motor penggerak kegiatan literasi yang selama ini dikembangkan di Sukabumi. Apalagi memanfaatkan ruang publik seperti taman kota Sukabumi menjadi ruang yang aman dan bermanfaat bagi anak-anak.

 

Ditulis Oleh Phadli Sabumi

Untuk Dunia Literasi Sukabumi yang Lebih Baik 

2 thoughts on “Onthel Pustaka Sukabumi On The Road Literasi Melapak Buku dengan Sepeda Tua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.