Bukan dengan Google, Inilah Cara Belajar Efektif untuk Kecerdasan Anda

cara belajar efektif untuk kecerdasan

Semakin banyak orang belajar dengan memanfaatkan mesin pencarian google saat ini, meski bukan cara belajar efektif untuk kecerdasan diri anda. Karena seringkali informasi yang diperoleh dari google tidak lengkap dan artikel yang ditemukan tidak lengkap.

Selain itu, orang tidak memiliki cara belajar efektif untuk kecerdasan dan menambah pengetahuan. Masalahnya tidak semua orang memiliki metode belajar yang bisa membuat kemampuannya meningkat. Alih-alih semakin menambah pengatahuan, malah tidak mampu memahami isi buku yang telah dibacanya.

Nah, berikut ini kami tuliskan cara belajar belajar efektif untuk kecerdasan Anda berdasarkan tulisan dari Dr. John Grohol. Dia adalah pendiri & CEO Psych Central. Dia juga penulis, peneliti dan ahli prilaku online & kesehatan mental.

Baca juga : Anda Kira Anak-Anak Aman Menonton Video Youtube Youtube, Belum Tentu

Memilih Lokasi Belajar yang Tepat Sebagai Cara Belajar Efektif untuk Kecerdasan

Banyak orang membuat kesalahan dengan belajar di tempat yang berisik yang sulit membuat konsentrasi. Misalnya, belajar di kamar sambil menyalakan tv atau menyalakan komputer. Kosentrasi bisa terbagi antara buku dengan tv dan komputer. Maka lebih baik mencari tempat belajar yang tepat dan suasananya mendukung.

Perpustakaan bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai tempat belajar. Suasananya jauh lebih tenang dan mudah mencari buku yang dibutuhkan. Kaum muda zaman sekarang sering memilih warung atau kafe kopi sebagai tempat membaca buku. Karena pengunjungnya cenderung tidak berisik dan suasana santai sambil meminum segelas kopi panas.

Kamu bisa memiliki tempat belajar yang berbeda sesuai suasana hati. Kalau bosan pergi ke perpustakaan, taman kota menjadi alternatif pilihan sambil menikmati suasana pepohonan yang rindang. Cara belajar efektif untuk kecerdasan di tempat ideal sangat penting, karena bisa terhindar dari segala ganggungan yang mengurangi konsentrasi kamu.

Bawa Barang yang Dibutuhkan, Ingat Anda Ingin Belajar Bukan Bemain Game

Setelah tempat belajar yang tepat sudah ditemukan, cobalah membawa barang yang dibutuhkan. Tidak perlu membawa laptop segala. Kalau butuh alat untuk mencatat cukup membawa buku tulis.

Bagi anak zaman sekarang, laptop seolah menjadi bagian gaya hidupnya. Padahal laptop malah sering dipakai untuk kegiatan mengganggu kegiatan belajar. Bukannya menambah pengetahuan baru, malah menambah level karena belajar teralihkan menjadi bermain game atau malah membuka video.

Sekali lagi, kamu bisa menggunakan kertas dan pulpen seperti mencatat pelajaran ketika zaman sekolah dasar. Selain itu, handphone sebaiknya dibiarkan saja bersembunyi di dalam tas, agar tidak terganggu oleh pesan whatsApp, video call pacar, dan ajakan nongkrong ke mall dari teman. Handphone bisa menghabiskan waktu dan menjadi salah satu musuh konsentrasi terbesar ketika belajar.

Buatlah Kesimpulan dan Membuat Catatan Penting dari Buku yang Telah Dibaca

Sudah banyak buti, orang yang membuat kesimpulan dan membuat catatan dari buku yang telah dibaca membuatnya lebih efektif dalam belajar. Pembaca bisa menemukan intisari dari sekian banyak informasi dan menggali konsep secara bersamaan.

Tips membuat garis besar adalah dengan membuat penjelasan sesuai kata-kata berdasarkan pemahaman kamu. Setiap orang memiliki cara yang unik untuk membuat catatan penting dari kegiatan membacanya. Pastikan Anda telah meramu garis besar informasi dengan kalimat sendiri, bukan menuliskan ulang apa yang tertera di buku. Orang yang bisa membuat rangkuman penting dapat dengan mudah mengingat dan memahami apa yang telah dipelajarinya.

Baca juga : Bukan Soal Atlit Memakai Jilbab, Namun Pemahaman Aturan Demi Keselamatan Selama Pertandingan

Berlatih Sendiri atau Belajar Bersama Teman

Ketika telah membuat garis besar dari buku yang dibaca. Langkah selanjutnya adalah melaih diri dengan menguji diri kemampuan diri sendiri. Kamu bisa melakukannya bersama teman atau seorang diri saja.
Misalnya dengan menjawab pertanyaan dari buku soal atau membuat catatan ulang berdasarkan pemahaman diri sendiri. Ajaklah teman untuk belajar, agar bisa mendiskusikan apa yang telah dibaca. Teman kamu mungkin bisa memberi pemahaman yang lebih baik dari materi yang telah dipelajari.

Tidak ada salahnya juga mencoba belajar dengan kelompok kecil 4-5 orang. Belajar kelompok dapat membantu mengulas materi bersama, saling bertanya satu sama lain, dan menguraikan catatan yang ditulis untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan dari apa yang kamu pelajari.

One thought on “Bukan dengan Google, Inilah Cara Belajar Efektif untuk Kecerdasan Anda”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.