Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Baca buku yuk

Bosan di Rumah Aja, Ajaklah Anak Baca Buku Bersama Keluarga

Cara paling menyenangkan dan bermakna hidup penuh cinta dan kasih sayang bersama keluarga, yaitu mengajak anak baca buku bersama keluarga. Membaca dalam cara yang yang bermanfaat untuk menciptakan suasana kebersamaan di rumah. Kita dapat lebih mengenal anak-anak kita dengan cara sering berkumpul sekaligus memahami seberapa jauh anak-anak mengetahui isi buku setiap hari.

Tidak membutuhkan waktu yang lama, kita cukup menghabiskan waktu 30 menit bersama membaca buku. Cara ini mungkin mempengaruhi waktu berkualitas bersama keluarga, setelah sibuk dengan kegiatan masing-masing di luar rumah. Keluarga menjadi memiliki ikatan yang kuat dan sekaligus membingbing anak menjadi suka baca buku dalam waktu yang bersamaa.

Biarkan Anak Memilih Judul Sendiri Saat Baca Buku Bersama Keluarga

Anak-anak membutuhkan buku untuk bahan bacaan dalam keluarga. Kumpulkan buku dan buatlah sebuah perpusatakaan dalam rumah, khusus untuk si kecil. Rayakan rasa keingintahuannya dengan memilih membaca banyak tentang apa saja, mau cerita anak, negeri para binatang, hingga pengetahuan umum yang ingin ia ketahui.

Biarkan anak memilih bukunya sendiri. Anak mungkin memiliki referensi sendiri buku yang ingin dibacanya. Sesekali orang tua bisa memberi saran buku yang akan dibaca. Membangun minat baca dimulai dari baca buku bersama keluarga baik sekali, karena akan menjadi kebiasaan sehari-hari. Anak menjadi tidak terpaksa untuk membaca buku.

Buatlah rak untuk koleksi bukunya dan tuntun anak-anak mengambil dan mengatur sendiri buku yang hendak dibaca. Semakin banyak koleksi buku, maka semakin banyak pilihan sumber pengetahuan yang akan diketahu oleh anak-anak.

Jadilah Pendengar yang Baik Ketika Anak Membaca Buku

Ketika anak senang baca buku bersama keluarga, orang tua harus menjadi pendengar yang baik. Ajak anak membaca buku dengan nyaring atau dengan suara keras bersama orang tua. Setelah itu, tanya pendapat anak tentang buku yang dibacanya.

Ajukan pertanyaan-pertanyaan ketika membaca misalnya, menurut kamu kenapa bisa begitu? Kenapa karakter tersebut menjadi jahat atau baik? Bagaimana perasaanmu tentang sifar karakter dalam cerita? Pertanyaan-pertanyaan tadi disesuaikan dengan isi buku yang dibaca. Pancinlah anak untuk belajar diskusi tentang isi buku bacannya. Bertanya-tanya tentang apa yang dibaca oleh mereka sebagai bentuk perhatian kepada anak-anak.

Ketika anak bosan membaca buku tentu sajang dipaksakan. Namun cari tahu kenapa anak tidak suka baca buku bersama keluarga. Berikan alternative kegiatan lain seperti menonton film atau mendengarkan lagu. Baca buku melulu juga bisa membuat orang tua bosan.

Baca buku : KASUS HANTAVIRUS DI YUNNAN CINA MENJADI VIRAL DI TWITTER

Membuat Anak Gembira Membaca Buku

Setelah anak semakin menyenangi baca buku bersama keluarga, teruslah membuatnya menjadi kebiasaan. Beli buku-buku yang menarik untuknya dan upayakan lebih banyak buku cerita, terutama untuk anak usia sekolah dasar (SD). Bosan kan kalau isi rak cuma buku pelajaran sekolah.

Cara membacca menyenangkan dapat dengan berbagai cara, seperti membaca sambil main tebak-tebakan, sambil bernyanyi, atua bercerita secara bergantian antara anak dan orang tua. Studi demi studi menunjukkan bahwa membaca dengan anak-anak akan membantu mereka belajar berbicara, berinteraksi, ikatan dengan orang tua. Dari anak-anak, mereka sudah tahu ketika membaca dapat membuat mereka dekat dengan orang tua. Mereka menjadi memahami dunia di sekitar mereka dan bersikap empati terhadap orang lain.

Mengajak anak baca buku bersama keluarga mungkin menjadi salah satu cara yang paling bermakna dan mudah diingat untuk menghabiskan dan belajar bersama di rumah. Membaca buku anak-anak yang sempurna bersama-sama dapat memperkuat perkembangan pendidikan anak Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close