Membumikan Program Literasi Sabumi Volunteer : On The Road Literasi dengan Sepeda Onthel

on the road literasi program literasi sabumi volunteer
on the road literasi program literasi sabumi volunteer

Sabtu, 09 Februari 2019, Penulis beserta rekan-rekan mulai merancang dan merealisasikan Program Literasi Sabumi Volunteer yaitu ONTHEL (ON THE road Literasi). Salah satu program yang akan dikemas lebih menarik dan seperti biasa membumikan buku di Sukabumi.

Program ONTHEL sebenarnya sudah berjalan dilakukan pentolan Rumah Baca Hijau bernama Kang Asep atau seraya rekan rekan memanggilnya Pak Kades. Walaupun, kita semua tidak pernah tahu dimana sebenarnya beliau menjabat sebagai Kepala Desa. Itu enggak penting you know..!!

Well, hal yang terpenting adalah ide brilian dari ayah beranak dua tersebut, Malahan sebentar lagi mau Pak Kades mau jadi tiga orang anaknya. Tidak lama lagi sang istri tercinta, Bunda Wulan yang selalu setia menemani dan mendukung sang suami dalam berbagai kegiatan sosial akan launching anak yg ke tiga. Istri Kang Asep kabarnya sudah 7 bulan mengandung sang jabang bayi. Do’a terbaik dari penulis, serta rekan rekan sabumi volunteer akan lahir generasi sholeh lagi bermanfaat bagi semua insan nantinya. Amiinnn.

Baca juga: Onthel Pustaka Sukabumi On The Road Literasi Melapak Buku dengan Sepeda Tua

Progam Literasi Sabumi Volunteer “On The Road Literasi (ONTEL)” Sudah dikampanyekan di Alun-Alun Cisaat Sukabumi

Kembali ke program ONTEL (on the road literasi), Pak Kades memang sudah terlebih dahulu mengkampanyekan seorang diri. Dia melapak buku bacaan setiap minggu pagi di alun alun Cisaat Kabupaten Sukabumi sambil mengisi waktu libur bersama keluarga. Dia juga mengemban misi mencerdaskan anak bangsa. Tidak hanya buku anak-anak, dia juga membawa buku bagi orang dewasa.

Baginya orang dewasa harus memiliki kebiasaan membaca dan tidak ada kata terlambat untuk melakukannnya. Membaca adalah jendela dunia dan harus orang dewasa yang memberikan contoh kepada anak-anak.

Hal yang unik dari Program literasi Sabumi Volunteer yang satu ini adalah sesuai dengan nama program itu sendiri ONTEL (on the road literasi). Pak Kades mengudara dengan menggunakan sepeda tua yang orang sering bilang sepeda ontel setiap minggu pagi. Mudah-mudahan dengan ke unikan tersebut dapat menjadi daya tarik buat warga sekitar atau pun masyarakat yang sedang berolahraga di Alun-Alun Cisaat Sukabumi.

Kapan lagi istirahat berolahraga bisa sambil membaca, walaupun kesan pertama cuma numpang selfie sama sepeda tua. Dari pengalaman nongkrong di Alun-Alun Cisaat tidak sedikit mereka mulai berani membuka buku dan mulai keasyikan membaca. Ketika buku lebih didekatkan kepada masyarakat dengan berbagai cara, seperti Program On The Road Literasi ini dapat mendorong keinginan membaca dari anak kecil hingga orang dewasa.

Baca juga: Duh Kenapa Haidnya Terasa Nyeri Sekali ya, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kami dari Sabumi Volunteer terus mendukung program literasi di Sukabumi. Upaya yang sedang dilakukan menumbuhkan minat baca dengan menambah armada sepeda ontel. Hingga saat ini, ada tiga sepeda ontel yang siap beroperasi dan siap menebarkan aroma-aroma nostalgia mengayuh sepeda pada masa lalu. Sekaligus, tidak melupakan misi kami yaitu untuk mencerdaskan anak bangsa dengan gemar membaca.

Menurut penulis lebih baik mencoba “tidak mengapa” dari pada “mengapa tidak mencoba”. Semoga program literasi Sukabumi terus menggema dan menunjukkan perkembangan minat baca yang baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

 

Ditulis oleh: Firdaus Sabumi

Salam relawan, panjang umur literasi, panjang umur silaturahmi.

1 Trackback / Pingback

  1. Persahabatan Menemukan Artinya Dalam Perjalanan Bersama Sama Sama Indonesia - Sabumi Sukabumi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.