9+ Air Terjun Ciletuh Geopark Sukabumi, Sudah Pernah Wisata Alam Jawa Barat ini Belum?

air terjun ciletuh geopark sukabumi

Air Terjun Ciletuh Geopark Sukabumi manjadi objek wisata yang ditawarkan kepada wisatawan. Kalau dalam bahasa sunda, air terjun diartikan curug. Curug iniah yang menjadi bagian dari kawasan wisata alam dengan bantuan tua yang berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Taman batuan ini terbentuk jutaan tahun lamanya dan terangkat ke permukaan dan membentuk bentang alam yang indah. Bagian yang tidak terpisahkan dari anugerah alam ini adalah kehadiran air terjunnya.

Berdasarkan website resminya, ada 9 air terjun ciletuh geopark sukabumi yang dapat didatangi oleh wisatawan. Semuanya sangat layak dikunjungi traveler yang doyan dengan keindahan alam. Nah, kamu harus tahu ada air terjuan apa saja sih di Kawasan Wisata Geopark Ciletuh Palahabuhanratu Sukabumi ini.

Sebelum kamu ingin mengunjungi air terjuan disana, ya lebih baik mencari tahu dulu lokasi mana saja ingin dikunjungi di Kawasan Ciletuh Geopark.

Baca juga : Tempat Nongkrong di Jalan Braga Bandung, Asyik Ngumpul Bersama Teman-Teman

Curug Awang, Air Terjun Ciletuh Geopark Sukabumi Sudah Dikenal Wisatawan

 

Curug Awang. Sumber: ladypinem.com
Curug Awang. Sumber: ladypinem.com

Air Terjun yang merupakan aliran dari sungai Ciletuh terletak di desa Taman Jaya, kecamatan Ciemas, kabupaten Sukabumi. Curug Awang memiliki tinggi sekitar 40 m dan lebar 60 m. Air terjun ini bericirkan dinding batu alam berwarna coklat kemerahan yang menjadi ciri khas keindahannya.

Lokasi Curug Awang ini dapat didatangi dengan mengendarai mobil biasa (bukan offroad). Fasilitas jalannya cukup bagus untuk dilewati oleh berbagai jenis mobil.  Sepanjang jalan menuju Curug Awang akan disuguhi pendangan lahan sawah, perkbunan, dan tentu saja ada sapi serta kambing di sana.

Curug Cimarinjung

Curug Cimarunjing. Sumber: Yukpiknik.com
Curug Cimarunjing. Sumber: Yukpiknik.com

Air terjun ini terlatak di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. Nama curug Cimarinjung tidak lain diambil dari nama Kampung Cimarinjung. Kalau dilihat dari posisinya, Curug Cimarinjung berada di perbatasan Desa Ciwaru dan Desa Girimukti.

Akses menuju curug dinilai mudah dijangkau dengan cukup berjalan kaki saja setelah berada memarkirkan mobil di Desa Cimarinjung. Setelah sampai, maka pengunjung akan melihat pemandangan air yang terjun bebas dari puncaknya dengan ketinggian 45 m. Indah nian!

Curug Cimarinjung terletak sekitar 99 Km dari pusat Kota Kabupaten Sukabumi. Waktu perjalanan dari Kota Kabupaten saja bisa menghabiskan waktu sekitar 4 jam. Lokasinya bisa didatangi dengan mobil dan sepeda motor.

Jalur perjalanan menuju Curug Cimarinjung searah dengan tujuan wisata Ujung Genteng, setelah ada pertigaan Jampang belok kanan. Lalu ikuti jalur jalan menuju Ciemas yang berjarak sekitar 33 km. 

Curug Puncak Manik, Surga Alam Tersembunyi di Sukabumi

Obyek Wisata Curug Puncak Manik Sukabumi. Sumber: jalanwisata.id
Obyek Wisata Curug Puncak Manik Sukabumi. Sumber: jalanwisata.id

Air Terjun Geopark Sukabumi ini memiliki jarak sekitar 600 meter dari Curug Tengah dan masih pada aliran Sungai Ciletuh. Posisinya berada  berada di Kampung Pasirceri, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Perjalanan menuju Curug Puncak Manik bisa memakan waktu satu jam dari perparkiran Kampung Pasir Ceri. Perjalanan yang lumayan lama menuju curug membuat lokasi ini seperti surga alam yang tersembunyi.

Ketika di Kawasan curug, kita bisa menikmati air yang terjun dengan indah dan latar batuan purba. Pengunjung dapat menikmati sensasi melintasi tangga yang sangat panjang, disebut tangga seribu.

Tinggi curug Puncak Manik sekitar 100 m dan memiliki 2 undakan. Dari puncaknya, pengunjung dapa melihat tiga curug lainnya, seperti Curug Puncak Manik, Curug Awang dan Tengah.

Curug Cikanteh

Curug Cikanteh. Sumber: www.klikhotel.com
Curug Cikanteh. Sumber: www.klikhotel.com

Secara administrative, Curug Cikanteh berada di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. Kalau mau ke Curug ini harus berjalan kaki dan melewati hutan jalan setapak. Waktu perjalanan sekitar 30 menit.

Curug ini memiliki ketinggi diperkirakan 60 m. Pengunjung dapat berenang dan bermain dibawahnya dengan menikmati air jernih dan dingin menyentuh kulit.

Perjalanan ke curug cikanteh bisa menghabiskan waktu 3-4 jam. Dari pusat kota sukabumi, pengunjung pergi menuju ke kecamatan ciemas via cimanggu. Kemudian, meneruskan perjalanan menuju ke dusun cikanteh.

Apilala wisatawan hendak ke curug ini, bersiaplah memakan waktu 8-10 jam dan bisa lebih lama karena kemacetan perjalanan antara Bogor dan Sukabumi.

Curug Luhur

Air terjun ini berlokasi di Kampung Cikawung, Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap. Curug Luhur menjadi objekwisata yang wajib dikunjungi, apalagi ketika ada mentar. Pelangi Sering muncul d ibawah curug.

Curug ini terletak 5 km dari kantor Kecamatan Ciracap. Jadi, wisatawan tidak perlu memakan waktu yang lama untuk bisa menikmati keindahan alam di sekitar Curug Luhur.

Curug Sodong

Curug Sodong. Sumber: ksmtour.com
Curug Sodong. Sumber: ksmtour.com

Air terjun ini terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Tingginy 20 meter dengan pemandangan alam hijau dan dikelilingi dengan pohon hijau dan rindang.

Curug ini disebut curug kembar, karena berasal dari dua aliran yang sama. Nama lainnya adalah Curug Penganten karena aliran sepasang seperti dua sejoli pasangan pengantin.

Apabila wisatawan datang dari Kota Jakarta atau Bandung ke Kawasan Ciletuh Geopark menghabiskan waktu sekitar 8-10 jam. Sedangkan, dari pusat Kabupaten Sukabumi, wisatawan menghabiskan waktu perjalanan minimal 3-4 jam untuk sampai di pintu masuk Ciletuh Geopark.

Curug Cikaret

Air terjun initerletak di aliran Sungai Cikaret di Desa Mekarjaya. Curug Cikaret dapat didatangi dengan berjalan kaki jalan melewati jalan setapak dan  menanjak. Waktu yang dihabiskan sekitar 30 menit dari kampung Cikalong, Desa Mekarjaya.

Curug ini masih butuh pengembangan, terutama dalam akses jalannya. Kalau mau datang kesana, warga siap menjadi Pemandu Wisata dan mengantar sampai ke Curug Cikaret.

Curug Puncak jeruk

Curug Puncak Jeruk. sumber : http://exsperiencelife-andy.blogspot.com
Curug Puncak Jeruk. sumber : http://exsperiencelife-andy.blogspot.com

Air terjun ini terletak di Desa Mekarmukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. Akses jalannya tidak bisa menggunakan kendaraan biasa. Karena medannya ekstrem, pengunjung harus menaiki kendaraan 4×4 dan motor trail.

Kalau tidak, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 5 kam dari jalan waluran. Anda akan menikmati pemandangan pohon pinus.

Ketika tiba di Curug Puncak Jeruk, pengunjung akan melihat air terjun dengan ketinggian 10 m. Menarikanya tidak hanya ada satu air terjun saja, ada curug lainnya dengan jarak 15 m. Air terjun kedua dinamakan Curug Puncak Jeruk Dua dengan ketinggian 15 meter dan lebar hampir 50 meter.

Baca juga : PSMS Medan Vs Persija Jakarta: Ayam Kinantan Harus Menang!

Curug Tengah Diantara Dua Terjun yang Indah

Curug Tengah. Sumber: blog.ivacanza.co
Curug Tengah. Sumber: blog.ivacanza.co

Air terjun ini terletak diantara Curug Awang dan Curug Puncak Manik. Jaraknya sekitar 200 m dari Curug Awang. Curug Tengah dapat dimasuki dengan berjalan kaki melewati pematang sawah yang menghabiskan waktu 15 menit dari area parkir mobil.

Air terjun geopark sukabumi ini sangat menarik dengan sajian pemandangan alam dan adanya danau dibawahnya yng bisa dimanfaat untuk berenang. Berhati-hatilah ketika berenang, karena memiliki kedalaman yang cukup lumayan.

Objek wisata ini masih satu Kawasan dengan Curug Awang, dengan fasilitas seperti tempat parkir, toilet, saung, adan ada warung menjual makanan.

Kalau mau mendatangi Curug Tengah, pengunjung dapat menggunakan mobil dan sepeda motor. Akses jalannya sudah jauh lebih baik seiring dengan pengembangan Kawasan Ciltetuh Geopark sebagai tujuan wisata unggulan di Provinsi Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *