Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Bersama Keindahan Alam Bukit Naimin Cisarua Sukabumi

Rabu, 10 januari 2018, 75 orang (43 peserta, 17 panitia, 10 guru, dan 5 bintara) dari SMKN 1 Gegerbitung datang ke Bukit Naimin untuk melaksanakan Latihan Dasar kepemimpinan Siswa (LDKS). Latihan tersebut sebagai syarat utama kedya untuk menjadi anggota OSIS.

Untuk diketahui, jarak dari Gegerbitung ke Bukit Naimin cukup jauh. Menarikanya, Guru SMKN 1 mengadakan acara di bukit yang terkenal dengan keindahan alamnya ini. Para guru memandang bahwa Bukit Naimin sangat cocok untuk dijadikan lokasi LDKS kali ini, karena memiliki fasilitas yang yang cukup dan memiliki pemandangan alam yang sangat bagus dipandang mata.

Upacara Bendera di Bukit Naimin. Foto Abdun Nasir
Upacara Bendera di Bukit Naimin. Foto Abdun Nasir

Ketika tiba di Bukit Naimin, para siswa langsung mendirikan tenda. Sementara panitia mempersiapkan untuk upacara bendera. Sekitar pukul 11.00 wib, Mereka melaksanakan upacara yang dipimpin oleh ketua Osis yang lama dan Pembina Upacara BapakGiyanto,S.Si. Selesai upacara, saatnya ishoma (istirahat sholat makan). Para siswa isitrahat sambil menikmati pemandangan. Salah satu siswa bernama M.Fadil berceloteh “Enggak sia-sia kita jauh-jauh dari gerbi (singkatan gegerbitung) kesini, pemandangannya indah pisan”.

Packing house sebelah selatan digunakan untuk shalat berjamaah. Sementara sebelah utara digunakan untuk pemberian materi. Para guru secara memberikan materi secara bergantian sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Untuk area taman digunakan panitia menggembleng mental para peserta.

Baca juga : Potensi Wisata Alam Bukit Naimin di Desa Cisarua, Kamu Pasti Menikmati Keindahan Alamnya

Tujuan LDKS bagi Siswa SMKN 1 di Bukit Naimin Cisarua Sukabumi

Pembubaran Acara Siswa SMKN 1. Foto : Abdun Nasir
Pembubaran Acara Siswa SMKN 1. Foto : Abdun Nasir

LDKS bertujuan untuk mencetak generasi muda yang berkarakter. Dari kegiatan diharapkan, adanya peningkatan sumber daya peserta untuk mendalami dan memahami konsep dasar organisasi di sekolah, seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) atau kepramukaan. LDKS ini menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada siswa.  Seperti  yang dikatakan ketua pania LDKS yang sekaligus menjabat WAKA Kesiswaan SMKN 1 Gegerbitung, Bpk. Yusup, S.Pd.

LDKS merupakan tahap pertama atau merupakan syarat yang harus dilalui para siswa dan siswi sebelum masuk menjadi pengurus OSIS. Pelatihan ini mempunyai peranan penting untuk membangun karakter kepemimpinan. Agar dimasa depan nanti ia bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk keluarga dan masyarakat.

Baca juga : Malam Tahun Barunya Kesepian? Ajak Si Eneng Ka Gunung Sunda

Kegiatan LDKS di Bukit Naimin Cisarua Tetap Bisa Berjalan Meski Hujan Turun

Camping di Bukit Naimin Sukabumi Asyik Juga. Foto : Abdun Nasir
Camping di Bukit Naimin Sukabumi Asyik Juga. Foto : Abdun Nasir

Kegiatan tidak semuanya berjalan lancar, selain memang karena faktor cuaca yang memang sedang musim hujan. Ada satu kejadian yang di luar dugaan, genset mendadak mati setelah di isi ulang bensin. Padahal tidak memiliki masalah sejak siang hari.

Pengelola Bukit Naimin berupaya untuk memperbaiki genset tersebut. Namun, kerusakannya memang lumayan parah, sehingga tidak terpaksa tidak bisa diperbaiki.

Malam harinya, kegiatan diisi dengan api unggun dan pembinaan mental oleh para guru. Setelah kegiatan api unggun, peserta beristirahat di tenda dan dibangunkan tepat pukul 24.00 wib untuk melaksanakan Qiyamullail/Shalat malam dengan dipimpin Guru PAI Bapak Asep Mugni. Setelah Qiyamullail acara dilanjutkan dengan Jurit Malam mengelilingi kawasan perkebunan Bukit Naimin.

Pagi harinya, peserta membersihkan area yang dipakai dalam kegiatan. Mereka memunguti sampah-sampah yang dihasilkan selama kegiatan. Selanjutnya, mereka membereskan tenda-tenda dan kegiatan LDKS SMKN 1 Gegerbitung telah selesai sekitar Pukul 10.00 wib.

Para Pengelola Bukit Naimin Cisarua Sukabumi. Foto : Abdun Nasir
Para Pengelola Bukit Naimin Cisarua Sukabumi. Foto : Abdun Nasir

Pengelola menyampaikan permintaan maaf atas kejadian yang kurang nyaman (genset rusak). Namun para guru beranggapan bahwa kejadian ini bukanlah faktor yang di sengaja. Secara umum, mereka sangat puas bisa mengadakan kegiatan di sini, “mudah-mudahan tahun depan kita bisa melaksanakannya di sini lagi,” kata Bapak Ujang Badrudin, salah satu guru SMKN 1 Gegerbitung.

Bukit Naimin terbukti bisa sebagai tempat kegiatan siswa SMKN 1 Gegerbitung. Kawasan Bukit yang cukup luas dan pemandangan yang indah menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk melaksanakan kegiatan di Bukit Naimin.

 

Penulis : Shandy Rodiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *