Gerakan Nusantara Terdidik, Bukti Mahasiswa dari Sukabumi Peduli Pendidikan di Pelosok

Foto Bersama Mahasiswa Gerakan Nusantara Terdidik dengan Siswa Sekolah

Gerakan Nusantara Terdidik berawal dari rasa keperihatinan akan potret pendidikan yang terjadi di berbagai daerah, khususnya di daerah pelosok Sukabumi. Kumpulan para mahasiswa ingin terlibat untuk mendukung dunia Pendidikan di Sukabumi. Mereka sedang menempuh pendidikan di Kota Jakarta.

“Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia,” begitu kata Nelson Mandela tentang pentingnya pendidikan.

Mahasiswa tersebut umumnya sedang kuliah di UIN Jakarta dan UMJ. Mereka menginisiasi sebuah gerakan untuk mendorong perbaikan sistem pendidikan dan pemberdayaan generasi muda di Sukabumi.

Gerakan tersebut dinamakan Gerakan Nusantara Terdididik dengan semangat “Mengabdi, menginspirasi, menggerakan”. Wadah kegiatan para mahasiswa tersebut memfokuskan diri pada bidang sosial dan pendidikan.

Baca juga : Sebuah Buku untuk Anak Sekolah di Pelosok Sukabumi

Gerakan Nusantara Terdidik Telah Membuat Gerakan Sukabumi Mengajar

Pelepasan Kegiatan oleh ibu Reni Marlinawati, anggota komisi X DPR RI bidang Pendidikan
Pelepasan Kegiatan oleh ibu Reni Marlinawati, anggota komisi X DPR RI bidang Pendidikan

Sejak berdirinya  pada tanggal 22 Februari 2017, komunitas Gerakan Nusantara Terdidik telah banyak melakukan kegiatan. Salah satu program hebat yang telah mereka cetuskan, yaitu program Gerakan Sukabumi Mengajar (GSM).

Saat ini, kegiatan Gerakan Sukabumi Mengajar Batch 1 sedang berlangsung di Kecamatan Tegal Buled Kabupaten Sukabumi.

Upacara pelepasan para Relawan Gerakan Sukabumi Mengajar (GSM) dilakukan langsung oleh ibu Reni Marlinawati, anggota komisi X DPR RI bidang Pendidikan. Kegiatan tersebut diadakan di gedung sasana tinju Gor Pelabuhan Ratu, Kab Sukabumi (13/1/18).

Maka, sejak tanggal 14-27 Januari 2018, para relawan akan terbagi menjadi dua team. Mereka akan mengabdi menjadi pengajar serentak di dua sekolah yang berbeda selama dua minggu.

Lokasi pertama pengabdian dilakukan di sekolah MI Manukur dan lokasi yang ke dua, yaitu di SDN Cirengrang Desa Rambay Kec Tegal Buled Kab Sukabumi.

Baca juga :  Sopir Angkot Sukabumi Riwayatmu Kini, Sanggupkah Bersaing dengan Gojek dan Grab?

Tidak Hanya Mengajar, Gerakan Nusantara Terdidik juga Menyumbang Peralatan Sekolah

Donasi Peralatan Sekolah oleh Gerakan Nusantara Terdidik
Donasi Peralatan Sekolah oleh Gerakan Nusantara Terdidik

Para relawan dituntut untuk turut ambil bagian langsung dalam kegiatan mengajar di sekolah yang mereka datangi. Mereka juga membawa bantuan donasi terdiri dari berbagai alat keperluan penunjang kegiatan belajar para murid, seperti buku, pulpen, pinsil dan lain-lain.

Menurut salah satu pendiri GNT, Ikin Sodikin, mahasiswa semester 8 di UIN Jakarta, gerakan ini diharapkan bisa menjadi satu upaya positif untuk kemajuan pendidikan di pelosok Sukabumi.

Gerakan ini juga  ingin menciptakan dampak berkelanjutan dari kehadiran pengajar di desa penempatan nantinya. Sesuai visi dan misi Gerakan Nusantara Terdidik.

Di akhir obrolan dengan Ikin Sodikin, dia ingin gerakannya bisa menjadi Inspirasi dan contoh untuk para komunitas serta generasi muda lainnya. Kegiatan apapun bisa mengambil peran besar dan menjadi bagian untuk kemajuan pendidikan adik – adik di pelosok. Sebagai pemuda Sukabumi, mereka ingin para siswa menjadi bagian dari Generasi Cerdas  di Indonesia. Semoga saja!

Penulis : Ipong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *