Curug Sodong Geopark Ciletuh Sukabumi, Antara Keindahan dan Kisah Mistisnya

Curug Sodong merupakan salah satu bagian dari Kawasan Geopark Ciletuh. Kabupaten Sukabumi sedang gencar mengenalkan Kawasan Geopark Ciletuh menjadi  tujuan wisata andalan. Curug sodong menjadi tujuan wisata yang menarik dikenal juga dengan nama Curug Kembar.

Lokasinya berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Air terjun yang memiliki ketinggian 20 meter ini sangat unik dengan pemandangan alam hijau nan aduhai dikelilingi dengan pohon hijau dan rindang.

Sodong begitu air terjun ini dinamakan, karena dibaliknya ada cekungan seperti sebuah gua. Secara Bahasa sunda, cekungan seperti gua disebut “sodong”. Selain itu, Curug Sodong memiliki nama lain yaitu, Curug Kembar dan Curug Penganten. Curug kembar bersal dari dua aliran yang serupa. Sedangkan Curug Penganten disematkan karena aliran sepasang seperti dua sejoli pasangan pengantin.

Air terjun ini memiliki debit air yang sangat besar, sehingga air akan terhempas sangat kuat apalagi air terjun tergolong cukup tinggi. Curug Sodong dialiri air dari sebuah tebing batu dan di bagian bawah terdapat cekungan sebagai wadah aliran airnya.

Baca juga : Potensi Wisata Alam Bukit Naimin di Desa Cisarua, Kamu Pasti Menikmati Keindahan Alamnya

Kisah Mistis Dibalik Keberadaan Curug Sodong Sukabumi

Keindahan Alam Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi. Foto : Endang Sulaeman Addakhil
Keindahan Alam Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi. Foto : Endang Sulaeman Addakhil

Ada cerita menarik dibalik keberadaan Curug Sosong. Zaman dulu, curug sodong menjadi lokasi dari sejumlah orang untuk mencoba ilmu kebatinan atau kanuragannya. Cerita mistisnya, mereka akan mengetes ilmu dengan cara tubuhnya dipotong-potong. Lalu, bagian tubuh yang terpotong dihanyutkan dari puncak Curug Sodong ini.

Orang yang berhasil dengan kesaktian kebatinannya akan bisa menyatukan kembali anggota tubuh yang telah tercerai berai. Semua bagia tubuh menyatu dan hidup dapat hidyp kembali. Kalau mereka berhasil, orang tersebut terbukti memiliki ilmu kanuragan dengan kekuatan tinggi.

Mitos lainnya, bagi sepasang kekasih yang masih memadu kasih atau belem resmi menikah dilarang untuk berenang dibagian bawah tumpahan air terjun ini. Apabla berai melanggar, maka pasangan kekasih tidak dapat selamat dan akan mati secara tenggelam. Jasad akan tersembunyi di sekitar dibalik aliran air terjun tersebut. Cerita mistis ini menjadi daya tarik tersendiri bagi anda yang berkunjung ke Curug Sodong.

Baca : Malam Tahun Barunya Kesepian? Ajak Si Eneng Ka Gunung Sunda

Biaya Murah Memasuki Curug Sodong Sukabumi

Curug Sodong, Geoprak Culetuh Sukabumi. Foto : Dillah Abd di FB Wisata Alam Sukabumi
Curug Sodong, Geoprak Culetuh Sukabumi. Foto : Dillah Abd di FB Wisata Alam Sukabumi

Bagi anda yang berniat datang ke Curug Sodong ini, pengunjung akan dikenakan uang tiket masuk sebesar Rp 3000. Kalau datang dengan mobil, pengunjung akan diminta membayar biaya parkir mobil Rp 5000. Sedangkan, biaya parkir motorhanya Rp 3000. Lokasi Curug Sodong sudah terdapat toilet, warung, dan parkir yang luas.

Perjalanan menuju Curug Sodong biasanya lancar, sehingga menjadi tujuan wisatawan yang penasaran dengan keberadaan air terjun ini. Ada juga para wisatawan yang datang dengan berkemah di wilayah Curug Sodong ini.

Bagi pengunjung yang ingin datang ke kawasan Ciletuh Geopark,  anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Kondisi fisik jalan menuju kawasan Ciletuh Geopark termasuk sangat baik. Pemerintah sedang gencar membangun akses jalan yang memadai ke lokasi wisata ini. Rute menuju Kawasan Ciletuh Geopark searah dengan jalan ke Pelabuhan Ratu atau pun Pantai Ujung Genteng.

Berkunjung ke Curug Sodong dengan Vespa. Foto : Gugunk De Sunday
Berkunjung ke Curug Sodong dengan Vespa. Foto : Gugunk De Sunday

Bagi wisatawan dari luar kota, Dari Kota Jakarta atau Bandung ke Kawasan Ciletuh Geopark dapat menghabiskan waktu sekitar 8-10 jam. JIka dihitung dari dari pusat Kabupaten Sukabumi, pengunjung membutuhkan perjalanan minimal 3-4 jam untuk sampai di pintu masuk Ciletuh Geopark.

Pehatikan rute singkat yang ke kawasan Ciletuh Geopark, apabila dari arah Kota Bandung: Kota Bandung melewati Padalarang ke Cianjur. Lalu menju arah Kota Sukabumi. Setelah itu, perjalanan terus mengikuti ke arah Kabupaten Sukabumi. Selanjutnya, wisatawan mengikuti rute Jalan Pelabuhan ke Jalan Cibatu dan terus menuju Jalan Cijambe. Lalu, melanjutkan Jalan Tegal Lega-Jalan Pelabuhan Ratu. Tidak lama lagi akan sampai di Jampang Kulon-Jalan Waluran-Tamanjaya-dan tibalah Ciletuh Geopark.

Untuk diketahui pemerintah pusat dan daerah sangat mendukung keberadaan kawasan Ciletuh Geopark sebagai destinasi wisata dari Kabupaten Sukabumi. Jangan ragu dan bimbang, datanglah ke Curug Sodong untuk menikmati keindahan dan pesona alam Sukabumi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *