Pemuda Desa Warnajati Cibadak Sukabumi Mengikuti Pelatihan Soft Skills

Pemuda Desa Warnajati Mengikuti Pelatihan di Hotel Selabintana. Ketenagakerjaan menjadi isu hangat bagi masyarakat Sukabumi, terutama bagi pemuda di Sukabumi. Namun, hambatan pemuda memperoleh pekerjaan terkendala kualifikasi Pendidikan dan keterampilan tidak cocok dengan  kebutuhan peluang kerja di Kabupaten Sukabumi. Selain dari sisi pendidikan dan keterampilan, para pemuda memiliki kemampuan soft skills yang rendah.

Kaum muda kurang dalam kemampuan berkomunikasi, motivasi berkerja, disiplin dan lain-lain. Untuk menanggapi permasalahan tersebut, Pemerintah Desa Warnajati atas kerjasama dengan KAP Indonesia bersama Save The Children mengadakan pelatihan softskills untuk kaum muda. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 26-28 Desember 2017. Pelatihan diikuti oleh 30 orang muda terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Pemateri Pelatihan Soft Skills Pemuda Desa Warnajati, Kabupaten Sukabumi

Materi Pelatihan untuk anak muda yang diadakan di Hotel Selabintana Sukabumi, antara lain : Mengenal pasar kerja dan peluang bisnis; meningkatkan rasa percaya diri dan menentukan tujuan; memulai bisnis; dan merencanakan keuangan.

Adanya pelatihan bagi kaum muda Desa Warnajati tersebut diharapkan pemuda Desa warnajati dapat lebih memahami kemampuan diri sendiri. Mereka mulai mengetahui keterampilan, kekurangan, dan kelebihan secara pribadi untuk mengakses pekerjaan.

Baca juga : SUKATI Quail Farm Membuktikan Pemuda Sukaraja Bisa Berkarya

Program  Creative untuk Pemuda di Kabupaten Sukabumi

Peserta Pelatihan Soft Skills Desa Warnajati, Kabupaten Sukabumi

Pelatihan Kelompok kaum Muda dilaksanakan dalam program Creative : Akses Ketenagakerjaan Inklusif Bagi Orang Muda. Sasaran program tersebut untuk membantu pemuda meningkatkan kemampuan untuk memiliki keinginan yang lebih kuat dalam mengakses dunia kerja dan usaha. Untuk diketahui bahwa sasaran Program Creative adalah kelompok muda yang kerap terpinggirkan untuk mengetahui dunia kerja dan usaha. Kaum muda dengan kategori yang putus sekolah, penyandang disabilitas, dari keluarga miskin, dan dalam lingkup umur 15-24 tahun.

Pelatihan Soft Skills di Luar Ruangan Pemuda Desa Warnajati Sukabumi

Program Creative melibatkan kaum muda dari 10 Desa dampingan di kabupaten Sukabumi. Desa tersebut antara lain Desa Sukaraja, Desa Pasirhalang, Desa Cisarua, Desa Cimahi, Desa Cicantayan, Desa Bojong, Desa Hegarmanah, Desa Cimanggis, Desa Mekarjaya dan Desa Warnajati.

Baca juga : Informasi Kerjasama Donasi Buku dan Pendirian Rumah Baca dengan Sabumi Volunteer

Untuk pelatihan softskills dan kegiatan lainnya, KAP Indonesia bersama Save Children melibatkan 4 Lembaga pemberi keterampilan yang ada di Kabupaten Sukabumi, yakni LKP Tatiek Sukaraja, LKP-PKBM Depary Express Cisaat, SMK-IT Bani Yasin Cicantayan dan SMKN 1 Cibadak. Keempat Lembaga tersebut secara bergantian menjadi pemateri dalam Program Creative.

Penulis : Pibsa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *