Menikmati Keindahan Alam dengan Wisata Gunung Sunda Sukabumi

Wisata Gunung Sunda dapat menjadi pilihan bagi wisatawan. Sukabumi memiliki potensi wisata yang dapat diunggulkan dari suasana pegunangan hingga pantainya. Ngomong-ngomong soal wisata pegunungan, ada nih wisata Gunung Sunda yang layak sekali dikunjungi oleh muda-mudi hingga orang tua zaman sekarang.

Wisata Gunung Sunda terletak tak begitu jauh dari Alun-Alun Cisaat, sekitar 3 km. Posisinya termasuk wilayah Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Gunung Sunda ini sudah cukup terkenal loh di kalangan muda-mudi. Tempat ini sebagai tempat nongkrong dan bersenda gurau dengan nuansa alam yang indah.

Jika datang dengan mengendarai sepeda motor, pengunjung bisa melewati jalan lintas selatan dari arah Kota Sukabumi. Tenang broh, pernjalanan sangat lancar menuju lokasi diperkirakan hanya menempuh 30 menit perjalanan. Ada area parkir yang cukup luas untuk menyimpan sepeda motor.

Apa sih Kelebihan Gunung Sunda ini, sehingga kamu wajib sekali datang ke sana. Yuks mari simak ulasannya.

Gunung Sunda Berada di Ketinggian 600-700 mdpl

Kalau dilihat dari ketinggiannya memang enggak seberapa dibandingkan Gunung Gede 2.815 mdpl. Gunung Sunda diperkirakan berada 600-700 mdpl. Tetapi kamu harus mencobanya sekali-kali naik sampai ke puncaknya. Hitung-hitung olah pernapasan broh. Bagi yang kurang olah raga ya lumayanlah buat ngos-ngosan dan Tarik nafas dalam-dalam. Tetapi kalau naiknya berdua sama pacar kayanya sih dunia serasa milik berdua.

Menaiki anak tangga demi anak tangga, pengunjung akan dibuat terhibur dengan banyaknya tulisan di kanan dan kiri jalan menuju puncak. Seperti “Ikhlaskan Mantan Tanpa Dendam”. Jadi, walaupun nafas setarik dua trik mah, ada hiburan sepanjang perjalanan sembari mengikhlaskan si mantan.

Baca juga : Melestarikan Kopi Bersama Komunitas Edukopi

Ada Kedai ‘Sunda Kopi’ dengan Produk Kopi Asli Sukabumi

Bagi yang suka ngopi-ngopi ganteng bareng si cantik, ada kedapi kopi sik-asik buat nongkrong. Namanya kedainya Sunda Kopi. Sesuai dengan namanya suasana kedai dibuat bernuansa Nyunda dengan bangunan terbuat dari bambu. Bangunan Sunda Kopi terinsipirasi ‘Leuit’ dari Desa Adat Sirnaresmi, Cisolok Sukabumi.

Untuk menemukan kedai ‘Sunda Kopi’ ini tidak sulit. Kamu tinggal jalan saja mengikuti tangga dan sekitar 100-150 m akan menemukan bangunan terbuat dari bambu. Nah itu dia yang namanya Sunda Kopi. Ingat lihat sebelah kanan dari arah pintu masuk. Kalau lihat sebelah kiri, mungkin hanya ada pepohonan yang bergoyang-goyang.

Kedai Sunda Kopi berdiri dengan tujuan mengenalkan biji kopi dari Jawa Barat dan mengedukasi kopi kepada pelanggan. Petani juga dong yentu saja. Petani diberikan edukasi tentang pengohan biki kopi agar bisa dijual lebih ciamik. Misa yang tak kalah kerennya adalah menolah eksploitasi pabrik semen terhadap Gunung Sunda. Cara cerdas para pengelola untuk mempertahankan kekayaan alam.

Baca Juga : Taman Rekreasi dan Hotel Selabintana, Lokasi Wisata Alam di Kaki Gunung Pangrango

Pengunjung Bisa Foto Cantik dan Ganteng di Gunung Sunda

Kalau ini sih bukan rahasia lagi, muda-mudi jaman sekarang sudah banyak yang mengunggah foto mereka di Instagram. Cek aja Instagram Gunung Sunda di https://www.instagram.com/gunungsunda/ banyak sekali foto keren yang tampil di akun itu.

Nah, muda-mudi masa kini yang ada dalam Instagram itu yang juga membuat Gunung Sunda semakin terkenal. Lah, gimana enggak terkenal yang datang ke sana banyak cewek dan cocok kece se Sekabumi dan sekitarnya.

Hei jangan salah, pengunjungnya tidak hanya dari sekitar Sukabumi. Ada banyak pengunjung dari luar kota dan luar negeri menikmati nuansa alam Gunung Sunda. Mereka sekedar berbagi cerita dan mengunggah foto. Ada pula yang mengajak temannya segera datang ke lokasi yang mulai mendapat perhatian oleh pemerintah daerah ini. My Tip My Adventure dari TranTv saja sudah ke Gunung Sunda. Kalau kata hostnya, Gunung Sunda ini bisa memberikan pengalaman yang seru bisa memandang kota Sukabumi dair puncaknya.

Ada Banyak Jajanan Di Puncak Wisata Gunung Sunda

Jangan ragu dan bimbang kalau tidak membawa makanan dari rumah. Ada banyak warung kok di wisata Gunung Sunda. Kamu enggak perlu membawa beban makanan segala, ada penjual makanan ringan sampai ringan. Penjualnya berasal dari masyarakat lokal. Jadi, Gunung Sunda membantu mendorong kemajuan ekonomi lokal.

Kalau sinar matahari sedang terik-teriknya, cuaca di puncak akan terasa sangat panas. Pengunjung pasti haus tak kuat menahan dahaga. Ya tinggal ke warung aja. Ada es kelapa, es jeruk, dan es-es lainnya. Kalau mau sambil ngabaso juga ada kok. Masalah harga? Ya ringan dikantonglah. Enggak semahal biaya melamar calon istri kok.

Nah, tunggu apalagi jangan sampai tidak pernah ke Gunung Sunda, bagi kamu yang sedang berada di Sukabumi. Gunung Sunda ini sudah terbukti sangat berpotensi sebagai tujuan wisata dengan mengandalkan keindahan citylight, sunset, dan sunrise. Siapa sih yang enggak mau menikmati keindahan anugerah alam? Hayu ah Ka Sukabumi, jangan lupa singgah ke Gunung Sunda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *