Mari Meriahkan Acara Ciletuh Sabilulungan di Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi

Ada acara menarik di Sukabumi pada akhir tahun, yaitu pada tanggal 30-31 Desember 2017. Acaranya adalah Pagelaran Seni dan Budaya Ciletuh Sabilulungan. Acara tersebut diadakan di Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu ini. Ada pertunjukan seni dan budaya dengan tema “ngamumule budaya buhun”.

Acara dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya tradisional dan modern, penganugerahan, seniman dan kegiatan sosial. Acara Ciletuh Sabilulungan juga sebagai wujud apresiasi kepada masyarakat khususnya para seniman sunda yang melestarikan seni dan budaya di kawasan Ciletuh. Kegiatan dilaksanakan di Bale Pinton Panenjoan – Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi.

Acara Seni Budaya Ciletuh Sabilulungan menjadi kegiatan tahunan sebagai upaya untuk meningkatkan daya Tarik kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu sebagai destinasi wisata. Secara sosial, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan rasa kebersamaan dan mengikat silaturahmi antar masyarakat di Sukabumi.

Baca Juga Menikmati Keindahan Alam dengan Wisata Gunung Sunda Sukabumi

Ciletuh Sibilulungan Menjadi Agenda Tahunan di Sukabumi

sumber Foto : http://ciletuhpalabuhanratugeopark.org/

Acara ini sangat menarik untuk didatangi oleh masyarakat lokal dan dari luar kota. Apalagi acara menyuguhkan seni dan budaya yang sangat menarik untuk disaksikan. Seperti tahun lalu, acara ini diharapkan juga meriah dan menjadi daya Tarik bagi kawasan wisata Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu.

Tahun 2016, kegiatan yang sama juga dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat. Kegiatan ini menjadi bagian dalam memberi dukungan terhadap masuknya Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu Sebagai bagian GLOBAL GEOPARK NETWORK-UNESCO.
Acara yang diselenggarakan dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah pada tahun lalu sangat meriah. Acara dihadiri dari banyak kalangan masyarakat di daerah Jawa Barat.

Sumber Foto : http://ciletuhpalabuhanratugeopark.org/

Apalagi, acara ini turut melestarikan budaya yang hampir dilupakan, karena kemajuan jaman. Pada tahun lalu, warga lokal sangat tertarik menghadiri acara Ciletuh Sabilulugan. Ada lebih dari 500 orang yang hadir untuk memeriahkan kegiatan ini.

Baca juga :  Tidak Usah Jauh-Jauh, Di Kampung Cibiru Desa Cicantayan Juga Ada Bumi Perkemahan

Ciletuh Sabilulungan Festival menjadi wujud tak terpisahkan kepedulian masyarakat terhadap Seni dan budaya di Kawasan Geopark CIletuh-Palabuhanratu. Kegiatan tersebut juga diharapka dapat menjadi nilai tambah bagi Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu sebagai kawasan wisata yang sangat berpotensi mendatangkan wisatawan lokal dan mancanegara.

Hayu Ah Ka Sukabumi, kegiatan sukabumi update yang layak didatangi oleh kita smeua. Jangan lupa masyarakat sukabumi sebagai pemelihara seni dan budaya yang menjadi kekayaan bagi kita bersama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *