Tidak Usah Jauh-Jauh, Di Kampung Cibiru Desa Cicantayan Juga Ada Bumi Perkemahan

Lokasi perkemahan juga terdapat di Kampung Cibiru Cicantayan, Kec. Cicantayan, Kab. Sukabumi. Peserta camping tidak hanya berasal dari pemuda kampung Cibiru saja, ada pemuda dari Desa Sukaraja yang bergabung untuk menikmati keindahan alam di Kampung Cibiru. Hari sabtu dan minggu (16-17 Desember 2017),  kami merencanakan camping bersama.

Berangkat Bersama Menuju Bumi Perkemahan Cibiru. Foto Abdun Nasir

Kebetulan sekali sore hari itu sedang hujan, kami melakukan persiapan demi persiapan sambil berdoa, “Ya Allah, semoga berhenti hujan. Kami mau camping dan makan-makan”. Dasar anak sholeh, doa kami diijabah. Ketika waktu saat ashar selesai, hujan reda dan menunjukkan tanda-tanda langit akan cerah di Kampung Cibiru Cicantayan.

Kami sudah menyiapkan banyak hal, dari jaket untuk menahan dingin, terpal untuk alas, tenda untuk berteduh, hingga ikan kembung 10 kg untuk makan-makan. Pokoknya semua perlengkapan sudah siap sedia, kami menikmati keindahan alam dengan menimalkan risiko dengan membawa makanan juga. Jangan sampai kelaparan di atas bukit nanti.

Keindahan Alam Kawasan Perkemahan Kampung Cibiru. Foto : Abdun Nasir.

Perjalanan menuju puncak ternyata cukup nyaman dengan kondisi jala yang tidak begitu licin. Meski, hujan baru reda. Ya paling tanah menempel di sendal atau sepatu. Selebihnya, perjalanan tidak membahayakan.

Baca juga : Menikmati Keindahan Alam dengan Wisata Gunung Sunda Sukabumi

Perjalanan menuju puncak ini dihiasa area lahan persawahan dan kebun miliki atau garapan warga. Ada banyak tumbuhan disana, dari pohon singkong, cabai, papaya, pisang, dan jenis tumbuhan lainnya. Lahan persawahan dan perkebunan ini adalah sumber penghidupan bagi warga Kampung  Cibiru Cicantayan dan kampung sekitarnya.

Mendokumendasikan Keindahan Alam. Foto : Abdun Nasir.

Perjalanan menuju ke atas menghabiskan waktu sekitar 30-60 menit perjalanan. Kami berhenti di lahan datar yang dinamakan Bukit Pasir Manggu. Lahan tersebut sangat cukup untuk didirikan dua tenda besar. Syukurnya, tenda ini cukup menampung peserta yang camping hingga lebih dari 20 orang.

Baca juga : Taman Rekreasi dan Hotel Selabintana, Lokasi Wisata Alam di Kaki Gunung Pangrango

Lokasi Perkemahan yang Sangat Menarik Keindahan Alamnya di Kampung Cibiru Cicantayan

Mentari Fajar di Bukit Pasir Mangu Cibiru. Foto : Phadli.

Perjalanan ini memiliki tujuan lain tidak hanya camping semata, kami ingin memetakan kondisi lahan dari kampung menuju perbukitan. Pemuda ingin membuat lahan perbukitan lebih berharga lagi dan dapat dinikmati bersama dengan membuat Bumi Perkemahan Cibiru atau apapun namanya nanti. Kawan-kawan dari Desa Sukaraja membantu dalam pemetaan lokasi perkemahan ini.

Jangan Lupa Foto Bersama di Bukit Pasir Mangu Cibiru. Photo : Phadli

Dari obrolan demi obrolan, ada beberapa titik yang ternyata dapat dijadkan tempat camping yang lahannya cukup datar untuk dibangun tenda. Lokasi tersebut dipastikan aman dan menyuguhkan keindahan alam yang sangat layak dikunjungi bagi siapa saja.

Ada beberapa gagasan dari pemuda yang ikut camping, akan membuat jalur perkemahan sebagai tujuan wisata alteratif di Sukabumi. Sepanjang perjalanan menuju bukit akan dibuat zona permainan menarik, wisata menanam padi, berkebun dan lain-lainnya.

Pertunjukan Egrang Dari Adik-Adik Generasi Korang Bumi Cibiru. Foto : Phadli

Berbeda dengan Gunung Sunda, kawasan Kampung Cibiru akan bertema wisata edukasi, seni, dan budaya. Jadi Area Bumi Perkemahan nantinya menjadi bagian tak terpisahkan dari kawasan edukasi. Jadi dari pusat kampung Cibiru, para pemuda merencanakan sebagi lokasi edukasi yang tak lepas dari kegiatan Rumah Baca Bambu Biru yang terlah berdiri selama 2 tahun di Kampung Cibiru.

Tenda Bumi Perkemahan Kampung Pasir Mangu Cibiru. Foto : Phadli
Tenda Bumi Perkemahan Kampung Pasir Mangu Cibiru. Foto : Phadli

Bagi kawan-kawan dari mana saja yang ingin mencoba camping di daerah ini jangan sungkan dan ragu. Silahkan datang ke Kampung Cibiru dan hubungi saja para pemudanya. Mereka sangat ramah diajak berbicara dan akan dengan senang hati menunjukkan tempat perkemahan di kampung Cibiru.

Kampung Cibiru terus berbenah, setelah ditetapkan sebagai Kampung Egrang berdasarkan keputusan pemerintah desa. Pemuda terus berpikir untuk membuat kegiatan positif yang berguna bagi mereka dan masyarakat kampung Cibiru. Mari berkunjung dan bergiatan bersama kami dari pemuda Kampung Cibiru. Menikmati keindahan alam dengan camping bersama di kampung kami.

 

Penulis : Pibsa dan Abdun Nasir

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *