Festival Egrang Di Kampung Cibiru, Desa Cicantayan, Kab. Sukabumi

Kampung Cibiru akan mengadakan Festival Egrang untuk kedua kalinya. Festival Egrang yang pertama kali diadakan pada Bulan Desember 2016, akan dilaksanakan lagi pada tanggal 9-10 Desember 2017.

Festival Egrang ini menampilkan keunggulan potensi kampung CIbiru dan desa Cicantayan yang sebenarnya. Acara dimotori oleh warga kampung dan desa atas prakarsa Rumah Baca Bambu Biru dan pendanaan dari Pemerintah Desa Cicantayan. Acara di didukung oleh KAP Indonesia, Save Children, dan European Union.

Warga kampung Cibiru dan Desa Cicantayan dengan bangga akan Menampilkan :
* Pergelaran Seni Budaya & Makanan Khas Cicantayan

Acara :
* Pentas Egrang oleh Generasi Korang Bumi Cibiru
* Drama Tari Kaulinan Baheula oleh RB. Bambu Biru
* Mendongeng “Saung Dongeng Sukabumi”
* Workshop Wayang Bambu oleh d’koordinartwood
* Musik Karinding oleh Karinding Gunung Sunda

Pelaksanaan pada:
Hari/ Tanggal : Sabtu-Minggu, 9-10 Desember 2017

Yuk Baraya jangan ragu dan mari hadiri acara ini dengan riang gembira. Hanya ada satu kampung Egrang di Sukabumi, yaitu Kampung Egrang Cibiru, Cicantayan.

Karena melestarikan warisan budaya adalah kewajiban kita semua

Kampung Egrang Cibiru (ditetapkan sejak Januari 2016) adalah kampung budaya yang ada di Desa Cicantayan Kab. Sukabumi, mayoritas masyarakatnya berkehidupan dari “bambu”, mulai dari makanan, alat rumahtangga, permainan, dan lain sebagainya diproduksi masyarakat cibiru dengan bahan dasar bambu. “puruy iwung”, bilik, anyaman bambu lainnya, egrang, mebeulair, dan alat rumahtangga banyak diproduksi disini. suasanakampung yang masih asri (kaki Hutan Pendidikan Gunung Walat/HPGW) dan keramahan masyarakatnya menjadi nilai lebih lain dari kampung Egrang ini.

Kunjungi festival kaulinan baheula di Kp Cibiru Desa Cicantayan Kab Sukabumi. Selain bisa mengenang kembali masa – masa bahagia jaman kecil dulu. Disana tersedia pula berbagai penganan khas tempo breto, kuliner yang sudah langka dan tak akan bisa di jumpai di mana pun juga. Berbagai pentas seni dan kebudayaan tidak ketinggalan akan turut tampil memeriahkan. Kegiatan tahunan ini di dukung berbagai komunitas di Sukabumi. Kapan lagi kita bisa bermain sambil mengenang bareng jaman kecil dulu.
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *