Festival Egrang Kampung Cibiru Cicantayan Demi Melestarikan Potensi Desa

Festival Egrang Kampung Cibiru, Desa Cicantayan sebentar lagi digelar. Catat tanggalnya, Festival ini akan dilaksanakan pada 9-10 Desember 2017. Kegiatan yang rencananya menjadi acara rutin tahunan ini, sukses dilaksanakan pada bulan Desember 2016. Meriah? Sudah pasti, acara dihadiri oleh masyarakat lokal, komunitas setempat, dan dari luar kota juga hadir ke Deca Cicantayan.

Drama Tari Kaulinan Baheula, Rumah Baca Bambu Biru. Foto: Ipong

Acara yang dimotori oleh pengelola Rumah Baca Bambu Biru dan atas prakarsa pendanaan dari Pemerintah Desa Cicantayan ini akan bertujuan untuk mengangkat potensi lokal dari segi pertunjukan seni budaya, kuliner, dan potensi alam Desa Cicantayan. Kepala Desa Dzulfikar Ali Hakim sebagai pemimpin desa turut andil besar ingin menunjukkan kalau desa juga bisa berdaya dengan potensi lokalnya, seperti dari hasil bentang alam penghasil bambu, desa Cicantayan dapat menjaga kelestarian permainan tradisonal Egrang.

Kepala Desa Cicantayan, Dzulfikar Ali Hakim. Foto : Ipong

Hingga, Kepala Desa yang dipanggil akrab Kang Fikri ini menjadikan Kampung Cibiru sebagai Kampung Egrang. Bukan itu saja, selain sebagai Kampung Egrang, Desa Cicantayan sudah berhasil mengangkat potensi ekonomi lokal, misalnya Kerajinan bambu, berupa rak, kursi, dan alat dapur. Selain itu, pemuda lokal pelan-pelan memiliki potensi usaha seperti perternakan puyuh dan kelinci.

Festivaluntuk Menggali Potensi Ekonomi Lokal Desa Cicantayan

Penampilan Egrang dari Generasi Korang Bumi. Foto : Ipong

Kegiatan untuk menggali potensi ekonomi lokal Desa Cicantayan juga pernah dilakukan dengan dukungan dari program Save the Children bersama dengan KAP Indonesia, melalui Program CREATIVE (Ketenagakerjaan Inklusif Bagi Orang Muda Melalui Penguatan Masyarakat) yang mendapat dukungan dari Uni Eropa, telah melaksanakan Pelatihan Kesiapan Kerja untuk kaum muda. Apalagi dari sekolah SMK-IT Bani Yasin Cicantayan sebagai salah satu dari 4 lembaga pemberi keterampilan yang terlibat dalam Program CREATIVE.

Penampikan Kesenian Alat Musik Tradisional, Karinding. Foto : Ipong

Baca juga : 5 Festival Budaya Lokal di Sukabumi yang Harus Kamu Ketahui

Kegiatan Festival Desa Cicantayan akan disemarakkan dengan berbagai acara bernuansa nilai-nilai luhur kearifan lokal, seperti Pentas Egrang oleh Generasi Korang Bumi Cibiru,  Drama Tari Kaulinan Baheula oleh RB. Bambu Biru, dan workshop Wayang Bambu oleh d’koordinartwood. Kegiatan acara juga diukung dengan tampailnya penampilan dari komunitas lain di Sukabumi, seperti Mendongeng “Saung Dongeng Sukabumi”, Musik Karinding oleh Karinding Gunung Sunda,  Pentas Puisi dan Teater “Hikayat Anak Kaki Gunung Sunda”, dimeriahkan juga oleh MarchCoustic dari RM production sebagai ajang keterlibatan komunitas sukabumi.

Semoga Kegiatan Festival Egrang Kampung Cibiru, Desa Cicantayan dapat berjalan dengan baik, dan mengenalkan berbagai potensi dapat dikembangkan demi kemandirian masyarakat desa. Semoga saja! Salam Merdesa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *